Jakarta (ANTARA News) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Bali menjadi juara Lomba Paduan Suara Tingkat Nasional Antar-DPD memperingati 43 tahun partai itu setelah mengalahkan lima finalis lainnya.

Babak final diselenggarakan di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan di Lenteng Agung, Jakarta, Kamis petang.

Tampil sebagai juara kedua adalah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jawa Tengah dan juara ketiga adalah DPD Sulawesi Utara.

Kemudian, juara harapan pertama hingga ketiga meliputi, Papua Barat, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Barat.

Para juara tersebut, diumumkan oleh Ketua Dewan Juri Reyan Pono, yang didampingi dua anggota Dewan Juri Ivan Saba dan Alvin Saba.

DPD Bali menampilkan medley dua lagi yang dikombinasi dengan gerak tari tradisional daerah tersebut.

DPD Sulawesi Selatan menampilkan gerak dan tari khas Tana Toraja yang menceritakan soal doa dan perjuangan.

DPD Jawa Tengah menyanyikan lagu daerah setempat yang dikombinasi gerak dan lagu.

DPD Kalimantan Barat menampilkan gerak dan lagu yang menceritakan legenda pernikahan pemuda dari khayangan dengan gadis dayak di bumi.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menuturkan lomba paduan suara yang diikuti oleh seluruh daerah di Indonesia dengan sasaran untuk membangkitkan nasionalisme dan patriotisme melalui kebudayaan.

"Melalui paduan suara ini, menampilkan bagaimana para peserta menampilkan lagu serta harmonisasi gerak dengan penuh khidmat dan ekspresif, yang menunjukkan rasa cinta Indonesia sebagai wujud dari berkepribadian dalam kebudayaan, yang merupakan bagian dari konsep Trisakti.

Para pemenang Lomba Paduan Suara Antar DPD se-Indonesia ini akan tampil pada puncak peringatan Bulan Bung Karno Di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Sabtu (4/6) malam.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016