Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menginginkan Nahdlatul Ulama tetap nasionalis seperti semangat Hasyim Al Asyari saat mendirikan organisasi masyarakat keagamaan itu.

"Saya ingin NU terus menjaga nasionalismenya. Dahulu, sekarang hingga nanti. NKRI harga mati. Jika NU sudah tidak sesuai dengan semangat nasionalisme, tolong kembali ke jalannya," kata Ryamizard saat silaturahim bersama warga Nahdlatul Ulama di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan semangat NU menjaga nasionalisme itu adalah hal yang luar biasa dan menjadi panutan bangsa Indonesia.

Dia berharap NU bisa menjadi tempat bertanya masyarakat mengenai nasionalisme dan juga agama.

"Bangsa ini sudah banyak berubah, terutama soal moral, banyak kemasukan hal-hal yang gak benar dari luar. Saya harap NU bisa terus mempertahankan nasionalismenya untuk bangsa dan negara," kata dia.

Mantan Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang juga warga NU Asad Said Ali mengatakan budaya yang ada di NU akan terus bertahan dan dapat menghalau dari paham-paham luar yang tidak sejalan dengan Pancasila.

"Mereka boleh belajar paham apa pun tetapi ketika kembali ke NU semua itu hilang, budaya yang kuat dapat menghalau hal tersebut," kata dia.

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016