Jakarta, 14 Juni 2016 (Antara) – Puslitbang Jalan dan Jembatan (Pusjatan) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) mengumumkan peluncuran Geoportal Pusjatan yang dikembangkan oleh Esri Indonesia, penyedia solusi teknologi Sistem Informasi Geografis (GIS) terkemuka di Indonesia. Portal ini dirancang untuk membantu pemerintah daerah memantau kondisi infrastruktur umum seperti jalan raya, jalan tol, jembatan dan drainase.

Geoportal Pusjatan – portal yang dikembangkan dengan teknologi smart mapping – diharapkan  dapat mendukung Pusjatan dalam melakukan manajemen asset seperti mengetahui kondisi dari asset umum secara tepat dan melakukan analisa prediksi mengenai kondisi aset di masa yang akan datang.

Portal ini menggunakan teknologi GIS – sebuah perangkat analisa yang mampu mengintegrasikan data dari beberapa sistem bisnis, melakukan model analisis handal dengan menyajikan informasi serta wawasan baru berbasis peta yang dinamis dan interaktif.

Kemampuan tersebut memungkinkan petugas lapangan Pusjatan untuk mengumpulkan informasi di lapangan secara efisien dan membagi informasi tersebut secara real-time kepada pengambil keputusan dari Pusjatan yang berkantor pusat di Bandung.

Portal ini juga memungkinkan pemangku kepentingan dari Kemenpupera, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Korps Lalu Lintas (Korlantas) serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengakses informasi asset Pusjatan yang disajikan secara spasial dengan menampilkan informasi dari tahun dibangun, kondisi saat ini, riwayat pemeliharaan, apakah membutuhkan pengembangan, dan segala informasi yang berkaitan dalam hal pengambilan keputusan.

Hal ini memungkinkan semua pemangku kepentingan yang terlibat memiliki kesadaran yang lebih tinggi mengenai kondisi jaringan jalan dan jembatan saat ini serta pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan infrastruktur dan sumber daya.

Selain itu, Pusjatan juga akan menggunakan platform smart mapping ini untuk memberikan akses kepada public untuk mengetahui data otoritatif mereka. Hal ini memungkinkan pengguna, termasuk dari sector swasta, untuk membuat keputusan bisnis penting terutama yang menyangkut bisnis rantai pasokan dan logistik.

"Sistem transportasi yang efektif yang dipadukan dengan infrastruktur yang terawat dengan baik, berperan vital untuk menjaga daya saing negara dan menarik minat investor untuk melakukan investasi di sebuah daerah," kata CEO Esri Indonesia, Bima Priadi.

"Pemanfaatan teknologi smart mapping oleh Pusjatan menandakan bahwa pemantauan, pemeliharaan, dan renovasi aset umum sekarang dapat dengan mudah dikoordinasikan antar instansi terkait. Lebih penting lagi, pemerintah daerah kini dapat mengembangkan rencana strategis untuk memastikan infrastruktur umum dikelola secara berkelanjutan dan berkualitas selama bertahun-tahun yang akan datang, " tutur Bima.

Sementara itu, Bapak Nazib Faizal, selaku Project Manager IRODCO, mengatakan, "Pusjatan berharap dapat mengintegrasikan seluruh data jalan dan jembatan di Indonesia, yang merupakan hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh Indonesian Road Data Centre Operation (IRODCO), ke dalam Geoportal Pusjatan yang ditargetkan rampung pada tahun 2035.”

IRODCO merupakan sebuah proyek penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh Pusjatan dengan bekerjasama dengan Korea International Cooperation Agency. Tujuan IRODCO adalah membangun sebuah sistem penyimpanan yang aman sebagai basis data dari infrastruktur umum seperti jalan dan jembatan.

"Dengan demikian, kita dapat membantu instansi yang terkait dalam proyek ini secara lebih efisien memaksimalkan sumber daya mereka dan memastikan anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur public dapat dipantau serta dapat dipertanggungjawabkan,” tutur Nazib Faizal.

Tentang Esri Indonesia
Esri Indonesia merupakan perwakilan resmi dari Environmental System Research Institute (Esri), yang merupakan perusahaan pengembang Sistem Informasi Geografis (GIS) yang berkantor pusat di Redlands, California. Sejak beroperasi di Indonesia dari tahun 2004, Esri Indonesia terus membantu serta mendukung lebih dari 1000 instansi termasuk pemerintahan, swasta, pendidikan serta organisasi non-profit dalam pengembangan aplikasi GIS di Indonesia. Teknologi GIS merupakan perangkat lunak yang mengintegrasikan dan menganalisis data dari berbagai sistem bisnis untuk menciptakan tampilan informasi berbasis peta yang dinamis dan interaktif sehingga membantu para pemangku kepentingan untuk membuat keputusan secara cepat dan tepat.

MEDIA ENQUIRIES:
Suriati
Media liaison
Tel: 0819 7338 2614
Email: suriati@esriindonesia.co.id
Website: esriindonesia.co.id

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016