STPP diwajibkan menyelenggarakan pendidikan vokasi (kejuruan). Sedangkan Permendikbud no 95 tahun 2014 mengamanahkan pendidikan vokasi diselenggarakan perguruan tinggi yang berbentuk akademi atau politeknik,"
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pertanian siap mengalihkan Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) yang ada di bawah kementerian tersebut menjadi lembaga pendidikan berbentuk politeknik.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Pending Dadih Permana di Jakarta, Selasa menyatakan perubahan bentuk dari STPP menjadi politeknik tersebut merupakan pelaksanaan UU No 12 tahun 2014 yang mensyaratkan pendidikan tinggi dilakukan melalui tiga jenis yakni akademik, vokasi dan profesi.

"STPP diwajibkan menyelenggarakan pendidikan vokasi (kejuruan). Sedangkan Permendikbud no 95 tahun 2014 mengamanahkan pendidikan vokasi diselenggarakan perguruan tinggi yang berbentuk akademi atau politeknik," katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian mengarahkan pengembangan kelembagaan STPP pada politeknik.

Pending menyatakan untuk menjadikan STPP sebagai politeknik saat ini masih dilakukan pembahasan dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

"Kami mengharapkan pada tahun depan (2017) politeknik ini sudah terbentuk," kata mantan Kepala Dinas Pertanian Nusa Tenggara Barat itu.

Menurut dia, dengan perubahan status dari sekolah tinggi menjadi politeknik tersebut nantinya lulusan STPP diharapkan dapat langsung tersambung dengan dunia usaha terutama di sektor pertanian.

Selain itu, tambahnya, lulusan politeknik pertanian nantinya juga dapat menjadi wirausahawan muda di bidang pertanian,

"Saat ini ada mata rantai yang terputus di dunia pertanian karena minat generasi muda yang rendah menggeluti usaha sektor pertanian," katanya.

Terkait pihak yang dapat mengikuti pendidikan di politeknik pertanian nantinya, Kepala BPSDMP menyatakan, dari apartur pertanian di daerah serta para lulusan SMA maupun SMK.

Saat ini BPPSDMP membawahi sejumlah Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian di seluruh tanah air seperti STPP Medan (Sumut), STPP Bogor (Jabar), STPP Magelang (Jateng), STPP Malang (Jatim), STPP Gowa dan STPP Manokwari (Papua). 

Pewarta: Subagyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016