Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar RI untuk Malaysia Herman Prayitno meresmikan pembukaan restoran Indonesia "Sederhana" ke-14 di Seberang Perai, Penang, Malaysia Utara.

"Pembukaan restoran Indonesia di Malaysia merupakan bagian penting dari diplomasi. Ini sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk menggalakkan diplomasi kuliner," kata Dubes Herman,demikian siaran pers Kedubes RI di Kuala Lumpur yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, semua restoran Indonesia di Malaysia harus terus menjaga kualitas tetap baik, dengan harga bersaing, pelayanan baik dan cepat serta kebersihan yang terjaga.

Untuk itu, Dubes RI meminta perwakilan RI di Malaysia dapat berperan aktif untuk ikut memastikan aspek-aspek untuk menjaga kualitas baik restoran Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Konsul Jenderal RI di Penang Taufiq Rodhy juga menyampaikan sambutan yang menekankan peran strategis Restoran Sederhana dalam menunjang diplomasi Indonesia di wilayah Utara Malaysia.

Konjen Taufiq menyampaikan rasa senang atas pembukaan Restoran Sederhana karena semakin memperbanyak jumlah restoran Indonesia di wilayah Utara Malaysia.

Dia menyebutkan sejauh ini ada 14 restoran di Malaysia yang menyajikan aneka masakan asal Indonesia.

"Beberapa masakan Indonesia yang disukai oleh warga Malaysia, khususnya wilayah Utara adalah masakan Padang, pecel lele, pecel ayam, bakso, soto, sate, ayam penyet," ujar Taufiq.

Pembukaan restoran yang dibarengi dengan acara buka puasa bersama itu dihadiri oleh staf KBRI Kuala Lumpur, Staf KJRI Penang, warga setempat dan beberapa kelompok masyarakat Indonesia.

Pemilik Restoran Sederhana Seberang Perai adalah seorang WNI yang telah lama tinggal di wilayah utara Malaysia dan menikah dengan warga Malaysia. Restoran Sederhana menyajikan beraneka ragam masakan Padang seperti layaknya restoran Padang di Indonesia.

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016