Kami sedang memantau perkembangan pasar ..."
Washington (ANTARA News) - Para menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara anggota Kelompok Tujuh (G7) terus memantau secara cermat perkembangan pasar dunia, pasca-Inggris memilih meninggalkan Uni Eropa (Brexit) dalam referendumnya, Kamis (23/6).

"Kami, Para Menteri dan Gubernur G7, menghormati keinginan yang diungkapkan hari ini oleh warga Inggris untuk keluar dari Uni Eropa. Kami sedang memantau perkembangan pasar menyusul hasil referendum tentang keanggotaan Inggris dari Uni Eropa," demikian pernyataan Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) atas nama menteri dan gubernur bank sentral G7.

Sektor ekonomi dan keuangan Inggris, dalam penilaian G7 yang dikutip Xinhua, tetap tangguh dan Pemerintah Inggris dalam posisi yang baik untuk mengatasi semua konsekuensi dari hasil referendum.

Dalam rangka menjaga terhadap implikasi yang merugikan bagi stabilitas ekonomi dan keuangan pasca-referendum, bank-bank sentral G7 telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan kecukupan likuiditas dan untuk mendukung fungsi pasar.

Pada referendum menentukan sikap negerinya terhadap keanggotaan di Uni Eropa (UE), mayoritas warga Inggris memilih untuk meninggalkan Uni Eropa.

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016