Djakarta, 25 Djuni 1954 (Antara) - Djawatan pekuburan Kotapradja Djakarta Raya telah menyampaikan kepada Walikota Sudiro dan Badan Pemerintah Harian rentjana pembukaan lebih kurang 200 hektare tanah untuk pekuburan di-4 bagian daerah Djakarta Raya, jaitu di bagian Timur, Selatan, Barat, dan Utara sebagai tanah2 pekuburan baru berhubung sudah hampir penuhnja keadaan pekuburan2 jang ada sekarang.

Tanah2 pekuburan jang direntjanakan akan dibuka di empat djurusan itu ialah di daerah Tg. Priok, Kp. Gusti (daerah Angke), Grogol Kemanggisan, Menteng Pulo, dan Kebon Nanas.

Kepala Djawatan Pekuburan Kotapradja Djakarta Raya, Arbi, berkenaan dengan rentjana ini menerangkan kepada "Antara" bahwa persiapan pembukaan tanah2 pekuburan jang baru ini dipandang sangat perlu sekali dilakukan berhubung dengan mendesaknja keadaan tanah2 pekuburan jang ada sekarang ini, jang pada umumnja sudah hampir penuh.

Diterangkan, bahwa rentjana pembukaan tanah pekuburan baru di-4 djurusan kota itu sengadja dilakukan untuk memudahkan bagi penduduk apabila hendak menguburkan djenazah, jang dalam hal ini tinggal memilih sadja pekuburan mana jang terdekat dengan daerahnja masing2.

Tanah2 pekuburan jang ada sekarang ini dan jang keadaannja pada umumnja sudah penuh, berdjumlah 11 tempat, antaranja Karet, Mangga-dua, Menteng Pulo, Kawi2, dan sebagainja. Pekuburan2 tersebut, jang sudah berumur puluhan tahun, sudah dipakai 2 sampai 3 kali.


Sumber : Pusat Data dan Riset ANTARA //pdra.antaranews.com/Twitter : @perpusANTARA


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016