Saya rasa ada lebih banyak grip secara keseluruhan, jadi ya, saya senang dengan trek ini
Semarang (ANTARA News) - Pebalap nasional yang tergabung dalam tim Manor Racing Rio Haryanto mengaku merasa senang dengan kondisi trek Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, yang dijadikan lokasi race kesembilan lomba balap mobil Formula Satu (F1) ini.

"Kesan pertama saya, trek lebih halus dan umumnya lebih baik dari tahun-tahun balapan sebelumnya di sini dalam kategori lain. Saya rasa ada lebih banyak grip secara keseluruhan, jadi ya, saya senang dengan trek ini," kata Rio haryanto seperti disampaikan Media Relations Cep Goldia dalam surat elektroniknya yang diterima di Semarang, Jateng, Sabtu.

Pada sesi latihan resmi yang dilaksanakan pada Jumat (1/7) waktu setempat, pebalap asal Solo, Jateng, tersebut menempati posisi ke-21 dengan catatan waktu 1:10.493 dari 21 laps sedangkan pada sesi latihan resmi kedua yang digelar sore harinya menempati posisi ke-22 dengan catatan waktu 1:11.328 dari 25 laps.

"Pada pagi ini kami mencoba beberapa perubahan set-up yang berbeda dan semuanya berjalan baik tapi kemudian sayangnya saya membuat kesalahan, berputar dan merusak ban. Di sisi positifnya, kami tahu kami memiliki cukup keseimbangan dan kami yakin terhadap langkah kami di FP2," kata pebalap berusia 23 tahun tersebut.

Pada sesi latihan kedua, menurut dia, sore ini cuaca berubah dan kondisi sangat sulit, tapi 20 menit sebelum akhir sesi memiliki trek cukup kering.

"Kami dapat mulai membuat kemajuan yang baik lagi. Untuk stint terakhir, saya memasang ban ultrasoft tapi bendera kuning keluar untuk sebuah spin dari Vettel. Meskipun saya tidak bisa memperbaiki lap time karena itu, saya pikir kami berada di tempat yang baik untuk besok," katanya.

Sementara itu rekan satu tim Rio Haryanto, pebalap asal Jerman Pascal Wehrlein, menempati posisi ke-16 dengan catatan waktu 1:09.775 dari 34 laps pada sesi latihan pertama pagi hari kemudian pada sesi latihan kedua yang dilaksanakan sore hari menempati posisi ke-17 dengan catatan waktu 1:10.034 dari 20 laps.

"Semuanya berjalan baik-baik saja bagi saya. Tentu, kami ingin berusaha lebih jauh dan menjalani lebih banyak program ujicoba, tapi pada akhirnya, semua sama untuk semua orang."

"Kami tidak berhasil menyelesaikan stint dari ban ultrasoft tetapi pada tahap ini saya senang dengan mobil, terutama di bagian akhir hari ini," katanya.

Direktur Balap Manor Racing Dave Ryan mengatakan, hari ini adalah salah satu dari hari-hari di mana menjumpai semuanya.

"Kami mendapatkan cuaca bagus untuk FP1 (latihan resmi pertama) , meskipun trek cukup licin pada awalnya, dan kemudian untuk FP2 hanya memiliki cukup waktu untuk satu stint kencang di trek kering sebelum hujan lebat menghentikan permainan untuk sementara," katanya.

"Kami menutup sesi di atas lintasan yang mengering dengan cepat yang cukup baik untuk ban slick di sekitar 15 menit terakhir. Luar biasa dan sangat menyenangkan dan menantang untuk para pebalap dan pastinya juga menantang bagi tim. Saya tak sabar untuk kualifikasi besok, yang mudah-mudahan akan kering," katanya.

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016