Shenzhen (ANTARA News) - Robot yang dilengkapi fitur parkir kendaraan otomatis atau automated guided vehicle (AGV) akan tersedia di China Timur Nanjing pada akhir Oktober, kata pembuat robot tersebut, Minggu.

Berbasis di Shenzhen, Yee Fung Automation Technology Co Ltd mengatakan, dipandu laser, robot AGV dapat mentransfer mobil ke tempat parkir yang dirancang dalam waktu sekitar dua menit.

Pengemudi memandu mobil mereka ke dalam robot yang dirancang bergerak dan dapat menempatkan mobil ke dalam ruang parkir yang tersedia.

Wu Han, general manajer Yee Fung, mengatakan perusahaan mengembangkan robot tersebut untuk menanggapi kenyataan parkir terbatas di kota-kota besar di seluruh dunia, dilansir Xinhua.

Ia mengatakan, robot tersebut akan membantu para pengemudi baru maupun berpengalaman. Robot AGV dapat memaksimalkan ruang parkir hingga 20 sampai 40 persen dari ruang yang ada.

Meskipun perlu merogoh 70.000 yuan atau sekitar 10.468 dollar AS untuk setiap lahan parkir yang didesain, teknologi itu akan membantu operator parkir memperoleh keuntungan melalui peningkatan efisiensi, kata kata Wu.

Kendaraan di jalanan China saat ini mencapai 172 juta. Berdasarkan peningkatan sekitar 19 juta kendaraan per tahun, jumlahnya bisa mencapai 250 juta kendaraan hingga 2020.

Pan Guofab, Wakil Direktur Asosiasi Parkir Guangzhou mengatakan, teknologi parkir pintar akan membantu meningkatkan efisiensi dan memberikan solusi untuk kurangnya ruang parkir di kota-kota.

Dia menambahkan, ruang parkir harus menjadi pertimbangan utama dari perencanaan kota, dan pemerintah daerah harus membangun parkir lebih di daerah perkotaan.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016