... ada peningkatan kepedulian dan keterlibatan masyarakat, sekaligus bentuk tanggung jawab sosial kita dalam penumbuhan karakter siswa selama penyelenggaraan pendidikan di sekolah...
Pematangsiantar, Sumatera Utara (ANTARA News) - Orangtua siswa di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, diingatkan untuk mengantar anaknya ke sekolah masing-masing pada hari pertama proses belajar mengajar dimulai.

Menurut Plt Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Pematangsiantar, Jalatua Hasugian, di Siantar, Minggu, kebijakan itu sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4/2016 tentang Hari Pertama Sekolah.

Pengantaran itu, khususnya bagi yang memiliki anak yang baru duduk di kelas awal mulai tingkat TK, SD, SMP sederajat, hingga SMA/SMK.

Pemerintah Kota Pematangsiantar telah mengimbau pimpinan BUMN, BUMD, dan perusahaan-perusahaan swasta memberikan kesempatan atau dispensasi waktu kepada karyawan yang mengantarkan anaknya ke sekolah.

Penjabat Wali Kota Pematangsiantar, Jumsadi Damanik, mengatakan, hari pertama sekolah akan memberikan kesempatan kepada orangtua siswa dengan guru-guru di sekolah saling berinteraksi dan berkomunikasi dalam rangka membangun komitmen bersama.

Selain itu, saling memberikan perhatian dalam mengawal proses pendidikan kedepan, selama anaknya berada di sekolahnya.

"Dengan demikian ada peningkatan kepedulian dan keterlibatan masyarakat, sekaligus bentuk tanggung jawab sosial kita dalam penumbuhan karakter siswa selama penyelenggaraan pendidikan di sekolah," kata Damanik.

Akan tetapi, untuk ke dalam jajarannya, dia menegaskan dispensasi mengantar anak ke sekolah itu hanya bagi PNS yang memiliki anak yang sedang bersekolah formal. 

Pewarta: Waristo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016