London (ANTARA News) - Aktor Ralph Fiennes membandingkan keadaan politik di negaranya, Inggris Raya, saat ini seperti cerita Perang Mawar, War of the Roses, karya William Shakespeare pada abad 15.

Aktor yang bermain dalam film “Schindler’s List” dan “The English Patient” ini untuk pertama kalinya bermain sebagai Raja RIchard III, yang oleh Shakespeare digambarkan sadis da licik, di panggung Almeida Theater London, seperti yang dikutip dari Reuters.

Richard tahun lalu dimakamkan kembali di Katedral Leicester setelah jasadnya ditemukan di bawah lahan parkir pada 2012 lalu.

Sekitar 530 tahun yang lalu, dia terbunuh di Pertempuran Bosworth, perang yang paling menentukan dalam Perang Mawar, konflik 30 tahunan tahta Inggris.

Pemeran Lord Voldemort di Harry Potter ini melihat karakter antagonis dalam karya Shakespeare tersebut seperti aksi Michael Gove setelah bulan lalu David Cameron mengumumkan pengunduran diri sebagai perdana menteri terkait Brexit, Inggris keluar dari Uni Eropa.

Gove dituduh menghianati rekannya sesama Konservatif, Boris Johnson, dengan menarik dukungannya untuk mantan Wali Kota London itu dan mengumumkan dirinya akan ikut mengincar jabatan tertinggi tersebut, yang Gove bilang ia tidak pernah menginginkannya.

“Pernyataan bahwa ia tidak layak jadi pemimpin, itu klasik Richard,” kata Fiennes.

Fiennes tampil bersama pemeran teater Vanessa Redgrave dalam karya arahan Rupert Goold, yang memberikan sentuhan masa kini dengan menampilkan temuan jasad sang raja.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016