Budapest (ANTARA News) - Pemuncak klasemen Formula 1 Nico Rosberg meraih posisi start terdepan untuk Grand Prix Hungaria Minggu setelah menjalani pemeriksaan karena tidak cukup melambat untuk bendera kuning sehingga menghambat rekan setim sekaligus pesaingnya Lewis Hamilton.

Rosberg menjadi yang tercepat dengan catatan waktu satu menit 19,965 detik dalam sesi kualifikasi yang sempat terhambat hujan di lintasan Hungaroring yang panjangnya 4,3 kilometer pada Sabtu. Ia unggul 0,143 detik dari Hamilton.

Hamilton sempat mengungguli Rosberg di jalanan ketika pasangan Mercedes itu memulai laju menuju final, namun harus melambat ketika bendera-bendera kuning dikibarkan karena mobil McLaren yang dikemudikan Fernando Alonso memuntir, memaksanya membatalkan putarannya.

Juara bertahan asal Inggris itu sebenarnya secara signifikan lebih cepat dan berada di jalur untuk mengamankan posisi start terdepan pada saat itu. Namun dia tetap santai ketika pada akhirnya harus mengawali balapan dari posisi kedua.

"Saya tidak tahu seberapa unggul Nico namun saya yang tercepat di sektor pertama," ucapnya.

"Sedikit kurang beruntung dengan Fernando, namun hal-hal seperti ini biasa terjadi, jadi saya tidak terlalu kecewa," katanya seperti dikutip kantor berita Reuters.

Rosberg tercepat dengan catatan waktu satu menit 19,965 detik, lebih cepat dari catatan waktu terbaiknya sebelumnya dan dicetak di lintasan ketika dua kibatan bendera kuning ditampilkan saat Fernando Alonso memuntir dengan kendaraan McLaren-nya.

Hamilton, yang mendahului Rosberg dan lebih cepat dari pebalap Jerman itu melambat dan membatalkan putaran terakhirnya ketika mendapati mobil Alonso berada di pinggir jalan dan sebagian badannya melintang di lintasan.

Menurut ketentuan pebalap harus secara signifikan mengurangi kecepatan dan bersiap ganti arah atay berhenti jika ada dua kibaran bendera kuning.

Rosberg dan bos tim Mercedes Toto Wolff mengatakan dia telah mengangkat tuas dan mengemudi lebih lambat melewati bagian lintasan itu dari pada di putaran sebelumnya.

"Saya lebih lambat dibandingkan dengan putaran sebeluknya di sektor bendera kuning itu jadi saya yakin tidak akan ada masalah," katanya.

Posisi start terdepan

Ini merupakan posisi start terdepan ke-26 sepanjang karier Rosberg dan yang keempat pada musim ini. Bagi Mercedes itu merupakan posisi start terdepan ke-46 dalam 49 balapan terakhir.

Rosberg, yang menyepakati perpanjangan kontrak dua tahun dengan Mercedes pada Kamis, mengungguli Hamilton satu poin dalam kejuaraan itu.

Daniel Ricciardo akan start dari posisi ketiga untuk Red Bull pada akhir pekan. Mantan juara itu berharap dapat menantang Mercedes untuk meraih kemenangan dengan rekan setimnya Max Verstappen yang start dari posisi keempat.

Sebastian Vettel, pemenang di Hungaria tahun lalu, merupakan satu-satunya pebalap Ferrari di sepuluh besar di mana ia menghuni posisi start kelima.

Rekan setimnya Kimi Raikkonen tersingkir pada fase kedua sesi kualifikasi dan akan start dari posisi ke-14.

McLaren mencatatkan hasil kualifikasi terbaik sejak memperbarui kemitraan mesin dengan Honda pada awal tahun lalu dengan pebalap Spanyol Fernando Alonso dan pebalap Inggris Jenson Button, yang keduanya meraih kemenangan perdananya di Hungaria, menghuni posisi start ketujuh dan kedelapan (Uu.H-RF)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016