Jakarta (ANTARA News) - Lampu gedung-gedung perkantoran dan kementerian di pusat kota Jakarta tetap terang menyala di tengah waktu pelaksanaan kampanye #MalamLangitGelap yang diluncurkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN), Sabtu malam.

Sepanjang penelusuran dengan rute Pasar Baru, Jalan Gunung Sahari, Monumen Nasional, Tugu Tani hingga kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) baik lampu jalan maupun lampu gedung tetap menyala.

Demikian juga lampu taman maupun gedung sejumlah gedung kementerian di sepanjang Jalan MH Thamrin juga masih terlihat menyala.

Sementara lampu menyala terang di jalanan, langit di atas pusat kota Jakarta hanya didominasi awan mendung, tak nampak banyak cahaya bintang apalagi Galaksi Bima Sakti.

Di TIM ada beberapa kelompok kecil masyarakat yang sebetulnya bukan hal aneh mengingat itu salah satu pusat keramaian Jakarta, meski sebagian di antaranya sesekali terlihat mendongak ke atas mencari-cari bintang maupun paparan Galaksi Bima Sakti yang sempat dijanjikan.

LAPAN mengajak masyarakat untuk menyelamatkan malam langit gelap dari polusi cahaya dengan mematikan setiap lampu di luar ruangan selama satu jam pada pukul 20.00-21.00 WIB setiap tanggal 6 Agustus sekalis untuk memperingati Hari Antarika Nasional.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016