Jakarta (ANTARA News) - Calon Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan arti kemerdekaan adalah berdikari dan berdiri di atas kaki sendiri.

"Kemerdekaan itu berdikari, berdiri di atas kaki sendiri, menuntaskan cita-cita dari pendiri bangsa, menentukan masa depan bangsa, mencerdaskan kehidupan bangsa, mensejahterakan masyarakat umum, dan turut bersama agar bangsa kita sejajar dan setara dengan bangsa-bangsa lain," kata Sandiaga Uno saat memperingati Hari Ulang Tahun ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia bersama para Relawan Muda pendukungnya di Lapangan ABC Istora Senayan, Jakarta, Rabu.

Calon Gubernur DKI Jakarta yang diusung Partai Gerindra tersebut merayakan 17 Agustus dengan bermain basket bersama relawan. Rangkaian acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama dan mengheningkan cipta dengan seluruh relawan muda.

Sandiaga mengatakan merdeka itu adalah tidak boleh terus-menerus bergantung pada bangsa lain, saatnya Indonesia jadi bangsa yang mandiri.

"Dan merdeka itu harus sejuk, melaksanakan semua tugas dengan tuntas dan harus ikhlas," katanya dalam acara yang juga dihadiri istri Sandiaga, Nur Asia dan anak bungsu mereka Sulaiman.

Sandiaga bersama relawan menggunakan pakaian biru.

"Kebetulan acara hari ini juga bertepatan dengan hari Rabu. Baju biru sendiri adalah simbol untuk mewujudkan demokrasi menjelang Pilkada agar selalu sejuk, karena pilkada DKI Jakarta jatuh pada hari Rabu, 17 Februari 2017," katanya.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016