Rio de Janeiro (ANTARA News) - Amerika Serikat memenangi medali emas ketiga mereka secara beruntun pada Olimpiade cabang olahraga bola basket putra, dengan menghancurkan Serbia 96-66 di final pada Minggu.

Ini merupakan perpisahan yang manis bagi pelatih kepala Mike Krzyzewski pada pertandingan terakhirnya dengan tim AS. Krzyzewski menjadi pelatih kepala pertama yang memimpin tim untuk meraih tiga medali emas, dan kapten tim Carmelo Anthony memenangi medali emas ketiganya, lapor Reuters.

Setelah meraih kemenangan dengan keunggulan hanya tiga angka atas Serbia di putaran grup, AS dengan cepat menghapus peluang hal serupa akan terulang, memimpin 52-29 pada pergantian babak kemudian melaju untuk mengukir kemenangan ke-25nya secara beruntun di Olimpiade.

Kevin Durant memimpin pembantaian ini, memasukkan 30 angka termasuk 24 angka pada babak pembukaan, sedangkan DeMarcus Cousins kembali menjadi monster di bawah ring basket, di mana ia mengukir 15 rebound.

Kemenangan ini menutup masa kerja brilian bagi pelatih Krzyzewski, yang menyudahi masa baktinya setelah memimpin AS meraih tiga medali emas Olimpiade secara beruntun dan memiliki rekor nyaris sempurna 88-1 di kompetisi internasional.

Satu-satunya noda dalam resume sosok berjuluk "Coach K" adalah kekalahan di semifinal Kejuaraan Dunia 2006 dari Yunani.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Spanyol menang 89-88 atas Australia untuk membawa pulang medali perunggu.
(Uu.H-RF/B/I015)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016