Menggunakan model Deep Learning untuk memprediksi kualitas produk secara presisi

 

TOKYO--(Antara/BUSINESS WIRE) -- NTT Communications Corporation (NTT Com), lengan bisnis solusi TIK dan komunikasi internasional NTT Group (NYSE:NTT), dan Mitsui Chemicals, Inc. (Mitsui Chemicals) hari ini mengumumkan bahwa kedua perusahaan ini telah sukses mengembangkan teknik yang mampu memprediksi kualitas produk gas dengan akurat dan cepat. Teknik ini didasarkan pada pemodelan hubungan antara rangkaian data berbeda yang berasal dari bahan mentah, yang dimasukan ke dalam reaktor dan kondisi reaktor, dan konsentrasi gas X yang merepresentasikan kualitas produk gas.

 

Untuk melihat siaran pers multimedia, silakan klik: 

http://www.businesswire.com/news/home/20160914006466/en/

 

Data yang didapatkan kemudian dianalisa menggunakan algoritma Deep Learning, metodologi kecerdasan buatan (AI) yang mengolah berbagai faktor relevan secara otomatif untuk memetakan dan memprediksi hasil akhir. Pada proses produksi gas, faktor-faktor ini direpresentasikan oleh 51 jenis data proses berbasis waktu seperti suhu, tekanan, dan alur. Hasil akhir yang didapat merupakan laporan perkiraan kualitas yang sangat akurat dari produk gas yang dihasilkan.

 

http://www.ntt.com/content/dam/nttcom/hq/en/about-us/press-releases/img/2016/20160915b.jpg

Gambar1. Alur proses kerja

 

Dengan menggunakan model ini, kedua perusahaan berhasil memprediksi antara konsentrasi gas X dan konsentrasi gas X yang aktual dalam rentang poin persentase +/-3 dalam skala penuh.

 

http://www.ntt.com/content/dam/nttcom/hq/en/about-us/press-releases/img/2016/20160915c.jpg

Gambar2. Tingkat akurasi prediksi terhadap konsentrasi gas X  

 

Dengan meningkatkan tingkat akurasi prediksi terhadap konsentrasi gas X dengan menggunakan model ini, operator pabrik kimia akan dapat mendeteksi sensor yang salah mendeteksi atau mengukur instrumen dan mengkaji kondisi pabrik saat ini dan di masa depan secara akurat, serta berbagai anomali pada produk kimia. Hal ini akan meningkatkan tingkat akurasi kewaspadaan operasional, sehingga membantu wujudkan operasi yang lebih aman dan lebih stabil dan pemeliharaan pabrik yang lebih efisien dan lebih pintar.

 

Mitsui Chemicals tengah mempelajari kemungkinan untuk mengaplikasikan teknologi produksi generasi selanjutnya pada sektor pemeliharaan pabrik pintar, guna menjadikan operasi lebih aman dan lebih stabil, mewujudkan sistem produksi multi tingkat yang optimal sebagaimana dibutuhkan dalam strategi bernilai tambah, dan membagikan wawasan operasional yang dibutuhkan ke seluruh dunia. Mitsui Chemicals akan mengadakan penelitian teknologi produksi generasi selanjutnya yang meliputi IoT, big data, dan AI untuk membantu mewujudkan peningkatan kehandalan peralatan dan efisiensi operasi, serta berkontribusi dalam perluasan infrastruktur teknologi produksi untuk merespon perubahan di dalam lanskap bisnis.

 

Dengan menggandeng Komunitas Teknik Virtual, NTT Com telah melaksanakan rangkaian tes verifikasi untuk mengembangkan lanskap cloud dan jaringan yang membantu meningkatkan produktivitas pabrik dan prosedur pemeliharaan yang lebih efisien sejak Maret 2015. Meski terdapat beberapa kasus dimana analisa data IoT memberikan manfaat yang spesifik pada produksi aktual sejauh ini, pencapaian ini dapat menjadi teknologi kunci untuk wujudkan produksi yang lebih efektif dan efisien.

 

NTT Com berencana untuk meningkatkan metodologi AI yang digunakan pada pengembangan teknik-teknik terbaru ini melalui penggunaan data yang didapatkan pada saat kegagalan produksi dan data dari pabrik-pabrik lain, sehingga memungkinkannya untuk memperluas cakupan aplikasi mereka dan meningkatkan akurasi secara menyeluruh. Ke depannya, NTT Com akan memadukan berbagai unsur IoT dan riset AI dan mengembangkan solusi akhir melalui merek AI NTT Group, corevoTM.

 

Selain itu, NTT Com akan melanjutkan penelitiannya untuk meningkatkan efisiensi operasional pabrik kimia melalui penggunaan model AI, termasuk pencegahan kerusakan mesin dan pengidentifikasian kekurangan kualitas. Perusahaan ini juga siap untuk memanfaatkan metodologi ini di dalam pengembangan berbagai solusi IoT mereka. Pabrik kimia secara tradisional mendeteksi permasalahan kualitas produk dengan mengkomparasikan data produksi dengan beragam patokan, dan, tentunya, dengan penilaian secara visual oleh karyawan yang berpengalaman. Melalui analisis data yang terkumpul secara menyeluruh dan tingkat prediksi hasil akhir yang akurat, proyek kerjasama antara NTT Com dan Mitsui Chemicals ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat akurasi kualitas dan memperbaiki deteksi palsu di seluruh siklus industri kimia.

 

Catatan: corevoTM adalah merek dagang Nippon Telegraph dan Telephone Corporation.

 

Tentang NTT Communications Corporation

NTT Communications menyediakan layanan konsultasi, arsitektur, keamanan, dan awan guna mengoptimalisasikan lanskap teknologi informasi dan komunikasi (TIK) perusahaan. Berbagai penawaran tersebut didukung oleh infrastruktur, global NTT Com, yang meliputi jaringan IP tier-1 global terdepan, jaringan Arcstar Universal One™ VPN yang menjangkau 196 negara/wilayah, dan 130 pusat data yang tersebar di seluruh dunia. Solusi-solusi NTT Communications memanfaatkan sumber daya global NTT Group yang mencakup

Dimension Data, NTT DOCOMO and NTT DATA.

www.ntt.com | Twitter@NTT Com | Facebook@NTT Com | LinkedIn@NTT Com

 

Tentang Mitsui Chemicals (Tokyo: 4183, ISIN: JP3888300005)

Mitsui Chemicals lahir pada 1912, saat perusahaan ini mulai memproduksi bahan mentah menjadi pupuk kimia dari produk turunan gas batubara - perusahaan pertama di Jepang yang bergerak di bidang tersebut. Peran perusahaan ini ternyata memberi kontribusi signifikan terhadap peningkatan produktivitas pertanian - isu sosial utama pada saat itu. Kemudian, perusahaan ini merevolusi teknologinya dari kimia batubara menjadi kimia gas, dan pada 1958, perusahaan ini membangun kompleks petrokimia pertama di Jepang, sehingga menjadikannya pelopor di dalam sektor industri di Jepang. Kini, perusahaan ini memproduksi berbagai produk berskala dunia yang dihasilkan oleh lebih dari 135 perusahaan di 27 negara. Portofolio bisnisnya meliputi bahan ramah lingkungan untuk mobilitas generasi selanjutnya, jasa kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, kemasan yang menjamin kualitas dan keamanan produk makanan, agrokimia yang berkontribusi terhadap peningkatan produksi makanan, bahan-bahan elektronik, dan bahan-bahan ramah lingkungan lainnya untuk industri energi.

 

Mitsui Chemicals akan terus berkontribusi untuk memecahkan berbagai permasalahan sosial dengan teknologi mutakhirnya dan dengan "Menciptakan Nilai kepada Konsumen melalui Inovasi".

 

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi: http://www.mitsuichem.com/index.htm

 

Baca versi aslinya di businesswire.com:

http://www.businesswire.com/news/home/20160914006466/en/

 

Kontak

 

Kontak media

NTT Communications Corporation

Mr. Koji Ito / Mr. Tomonori Izumitani, +81 3 6700 4010

Technology Department

ai-deep-td@ntt.com

atau

Mitsui Chemicals

Mr. Yuri Matsunaga, +81 3 6253 2100

Corporate Communications Div.

yuuri.matsunaga@mitsuichemicals.com

 

 

Sumber: NTT Communications Corporation

 

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016