Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR Zulkifli Hasan berbagi pengalaman masa kecilnya sekaligus memotivasi para siswa pondok pesantren Muhammadiyah Padang Panjang, Sumatera Barat.

"Saat berusia empat tahun saya sudah sering diminta orang tuanya ke masjid untuk memukul bedug saat masuk waktu subuh. Saya juga sudah diajarkan Alquran sejak kecil. Belum sampai 6 tahun, saya sudah khatam," katanya seperti dilansir keterangan tertulis MPR, Sabtu.

Menurut Zulkifli, pengetahuan agama yang baik bisa menyeimbangkan ilmu pengetahuan yang diajarkan di sekolah karena ilmu pengetahuan umum saja tidak cukup untuk menuju kesuksesan.

"Dapat pengetahuan umum dan juga ilmu agama karena cerdas saja tidak cukup. Melalui penelitian, ilmu dan teknologi saja tidak cukup. Tapi lebih penting lagi perilaku. Sehingga dapat lebih tahan terhadap tantangan," lanjutnya.

Zulkifli juga mengingatkan pentingnya ilmu pengetahuan dan landasan ekonomi yang kuat untuk menjadi bekal generasi muda dalam menghadapi tantangan masa kini.

"Sekolah itu penting. Jadi bagi Ibu-ibu sesulit apapun kondisinya tolong sekolahkan anaknya. Ilmu pengetahuan dan ilmu ekonomi itu penting. Anak-anak sekarang bisa jadi apa saja tergantung daya juang masing-masing," pungkasnya.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016