Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR, Zulkifli Hasan, meninjau sawah di Kampung Rimbo, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, dan melihat potensi besar untuk menjadi swasembada pangan dengan pemanfaatan teknologi yang tepat.

"Penting sekali pertanian memakai teknologi," ujar Zulkifli dalam Pencanagan Gerakan Tanam Penerapan Teknologi, Jajar Legowo, seperti dilansir keterangan tertulis MPR, Minggu.

Hasan membandingkan kondisi pertanian di Jepang, Taiwan dan Korea Selatan yang luas kepulauannya tidak sebesar Indonesia tetapi hasil pangannya melimpah berkat penerapan teknologi termutakhir sehingga bisa optimal.

"Memang penting sekali pertanian memakai teknologi. Yang kerja sedikit tapi produksinya tinggi. Oleh karena itu kita apresiasi bupati kita penuh inovasi dan visioner," sambungnya.

Zulkifli meminta pemerintah setempat untuk senantiasa mendukung para petani baik melalui penyuluhan maupun memberikan bantuan sarana prasarana, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.

"Menggandeng Universitas Andalas langkah yg tepat. Mudah-mudahan yang dilakukan ini bisa mempercepat agar rakyat sejahtera," kata dia.

Sebelum mengakhiri kunjungannya, Hasan memberi sumbangan tiga unit traktir roda empat, tiga unit transplanter, lima unit pompa air, lima unit traktor roda dua.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016