Bandung (ANTARA News) - Kepala Polri Jenderal Polisi Tito Karnavian bersama pejabat polri lainnya meninjau langsung kondisi bencana banjir dan tempat pengungsian korban banjir di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat.

Kunjungan Kapolri tersebut sekaligus memberikan bantuan kebutuhan pokok makanan dan sandang untuk para korban banjir yang mengungsi.

Kapolri juga mendengarkan pemaparan langsung dari Kepala Polres Garut, AKBP Arif Budiman tentang penanganan dan penanggulangan bencana, termasuk penyelamatan korban banjir.

Selanjutnya Kapolri meninjau kondisi Markas Polsek Tarogong Kidul yang terendam banjir.

Kapolri juga meninjau kondisi daerah yang terkena dampak parah bencana banjir yakni Kampung Paris dan Kampung Cimacan, Kecamatan Tarogong Kidul.

Kapolri menyampaikan kedatangannya selain turut berbelasungkawa juga ingin meringankan beban hidup para korban banjir.

"Saya prihatin atas musibah yang ada di Garut maupun di Sumedang ini, dari awal jajaran kepolisian langsung memberikan bantuan," katanya.

Selain jajaran kepolisian, kata dia, unsur lainnya pemerintah daerah, TNI dan BNPB bekerja keras untuk membantu korban banjir.

Bahkan Presiden Indonesia Joko Widodo, kata Tito, menyampaikan secara khusus agar kementerian dan seluruh jajaran untuk segera melakukan pemulihan pascabencana banjir.

"Kami adalah bagian dari masyarakat, saya sengaja datang selain memberikan bantuan sembako, selimut dan lain-lain juga untuk memberikan dukungan," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016