Palembang (ANTARA News) - Stok beras yang ada di gudang Perum Bulog Divre Sumatera Selatan dan Bangka Belitung hingga sekarang ini cukup untuk memenuhi kebutuhan sampai Mei tahun 2017.

"Ketahanan pangan kita cukup sampai Mei tahun depan," kata Kepala Perum Bulog Divre Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Mansur Siri di Palembang, Jumat.

Menurut dia, untuk pengadaan beras pada tahun 2016 hingga sekarang ini sudah mencapai 77.000 ton atau sekitar 64 persen.

"Kita masih terus melakukan pembelian beras petani di daerah-daerah sentra produksi beras di daerah ini untuk memenuhi target pengadaan beras pada tahun 2016," katanya.

Ia mengatakan, rata-rata beras yang masuk ke gudang Bulog itu sekitar 300 ton sampai 400 ton per hari.

Target pengadaan beras pada tahun 2016 sebanyak 120.000 ton untuk public service obligation (PSO) dan 30.500 ton untuk beras komersial.

Adapun sejumlah daerah sentra produksi beras di Sumsel antara lain Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ilir dan Kabupaten Banyuasin.

Sementara mengenai beras untuk masyarakat miskin (raskin) ia menyatakan, kalau sekarang ini sudah mencapai 85 persen berjalan sampai hari ini.

"Kita upayakan menjadi 100 persen untuk penyaluran pada September 2016 ini, karena masih ada waktu," katanya.

Pewarta: Susilawati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016