London (ANTARA News) - Dubes RI untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia, Dr Rizal Sukma mengatakan Indonesia dan Skotlandia punya potensi kerja sama yang cukup besar dalam bidang kemaritiman, perikanan, manajemen pelabuhan dan energi yang terbarukan.

Hal itu diungkapkan Dubes Dr. Rizal Sukma, dalam pertemuan dengan Menteri Pembangunan Internasional dan Urusan Eropa, Menteri Alasdair Allan, dalam kunjungan kerjanya di Skotlandia, demikian Sekretaris Pertama Fungsi Politik KBRI London, Gita Loka Murti kepada Antara London, Sabtu.

Dubes Dr Rizal Sukma, mengatakan Indonesia mempunyai kelebihan dalam cadangan geothermal, energi dari sinar matahari dan ombak. Indonesia juga dapat belajar dari sumber energi terbarukan yang dimiliki Skotlandia yang memanfaatkan tenaga angin dan air, ujarnya. Saat ini Skotlandia juga tengah mengembangkan tenaga ombak yang masih berada pada tahap eksperimen.

Pada kesempatan ini, Menteri Allan juga mengharapkan agar lebih banyak lagi mahasiswa Indonesia yang belajar di Skotlandia. Menteri Allan juga mengajak tenaga ahli Indonesia untuk bekerja di Skotlandia, terutama bagi mereka yang pernah belajar di Skotlandia.

Dalam kunjungan ke Skotlandia dari tanggal 21-22 September lalu Dubes juga bertemu dengan Parlemen Skotlandia, pengusaha dan akademisi serta masyarakat Indonesia.

Pada pertemuan dengan Ketua Parlemen Skotlandia Ken Macintosh MSP, Dubes Dr Rizal Sukma mengundang anggota Parlemen Skotlandia untuk berkunjung ke Indonesia. Selain itu juga dibahas kerja sama antar Parlemen dimana anggota Parlemen kedua negara dapat saling bertukar pikiran dan pengalaman dalam menangani isu-isu tertentu.

Sementara Ken Macintosh mendorong agar lebih banyak mahasiswa Indonesia belajar ke Skotlandia dan mendorong Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan beasiswa bagi mereka yang ingin belajar di Skotlandia.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016