Djakarta, 14 Oktober 1952 (Antara) - Menurut sebuah keterangan direksi perusahaan Philips bagian alat2 pengobatan, kini telah tersedia pada perusahaan tsb sebuah alat mesin “paru2 mesin” (de ijzeren long) jang konstruksi serta penglaksanaannja disesuaikan dengan keadaan iklim dinegara2 panas. 

Diterangkan, bahwa prinsip mesin ini sudah lama didapatkan: jang lain adalah tjara penglaksanaannja jang oleh perusahaan Philips diperbaiki serta diperbaharui. Mesin “paru2 bisa” ini dipelbagai negeri sudah dipergunakan dalam rumah2 sakit besar dan diperguruan2 tinggi kedokteran tidak hanja untuk merawak penjakit2 chusus seperti “penjakit lumpuh kanak” tapi sudah pula dipergunakan dalam perawatan patient2 “tetanus”, kena ratjun gas & makan, dsb.

Mengenai seluk-beluk tehnik dan penglaksanaan mesin ini, pada tg 15 Oktober akan diadakan siaran dalam bahasa Indonesia melalui radio Hilversum pada djam 21.00 waktu Djawa dgn gelombang 19.71 mb.

Penjiaran ini menurut keterangan tsb akan diselenggarakan setjara pertjakapan “tanja-djawab” jang dilakukan didalam ruangan mesin “paru2 besi” tsb, oleh Harmisjial dari radio Hilverman dan Vollinga dari Philips tjabang Surabaja jang kini ada di Nederland.

Sumber: Pusat Data dan Riset ANTARA //pdra.antaranews.com/Twitter: @perpusANTARA

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016