Jakarta (ANTARA News) - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran menyebutkan terobosan penyederhanaan kebijakan investasi yang digulirkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meningkatkan produktivitas daerah.

"Kita apresiasi berbagai terobosan Presiden dengan menghapus perda yang mempersulit investasi semakin meningkatkan produktivitas daerah," kata Sugianto melalui keterangan tertulis di Jakarta Senin.

Pernyataan Sugianto itu terkait dua tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) yang dinilai melakukan terobosan efektivitas dan efisiensi berinvestasi.

Sugianto menuturkan pemerintahan Jokowi-JK memberikan harapan dan optimisme terhadap kemajuan pemerintah daerah (Pemda) dengan perbaikan infrastruktur.

Diungkapkan Sugianto, Kalteng memiliki potensi ekonomi yang besar namun sejauh ini masih dinikmati sebagain kelompok masyarakat sehingga pemerintah pusat perlu membuka ruang kepada seluruh pihak yang ingin berinvestasi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Kalteng memiliki potensi pertambangan dan perkebunan yang harus dinikmati seluruh masyarakat untuk kemajuan perekonomian.

"Kami berharap Presiden Jokowi mem-back up proyek besar untuk kesejahteraan rakyat," tutur Sugianto.

Gubernur juga menggagas penguatan dan pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Provinsi Kalteng yang strategis untuk peningkatan ekonomi daerah.

"Saat ini masih dikaji rencananya akan membuat BUMD yang mengelola hasil perkebunan dan pertambangan untuk kesejahteraan rakyat agar tidak bergantung kepada pemerintah pusat," tegas Sugianto.

(T014)

Pewarta: -
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016