Meulaboh, Aceh (ANTARA News) - Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) berhasil menemukan dan mengevakuasi satu korban hilang tengelam di sungai di Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, atas nama M Syafii (65) dalam kondisi meninggal dunia.

Koordinator Pos SAR Meulaboh Dwi Hetno, dalam pesan singkatnya kepada Antara di Meulaboh, Senin, menyampaikan, korban ditemukan oleh tim gabungan yang melakukan pencarian di bawah jembatan atau berjarak sekitar 2 km dari lokasi kejadian.

"Penemuan korban di Labuhan Haji pukul 21.45 WIB oleh tim SAR gabungan. Korban diketemukan 2 Km dari lokasi tepatnya di bawah jembatan dalam keadaan MD (meninggal dunia) dan selanjutnya korban langsung dibawa ke rumah duka," katanya Senin malam.

Korban merupakan satu dari tiga lainnya yang saat ini masih dalam proses pencarian orang hilang tenggelam. Pencarian untuk sumua operasi dibantu TNI, Polri, Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD), Radio Antar-Penduduk Indonesia (Rapi) dan Tagana.

Yang sudah diketemukan adalah korban hilang di sungai Peulumat, Desa Gunung Rotan, Kecamatan Labuhan Haji Timur, Kabupaten Aceh Selatan, atas nama M Syarif (65). Korban terseret banjir di sungai tersebut pada Minggu (21/11) pukul 03.00 WIB.

"Satgas SAR dari Simeulue juga sudah didatangkan untuk membantu pencarian bersama unsur terkait di daetah itu, artinya masih ada tiga orang lagi hingga malam ini belum diketemukan. Pencarian besok akan dilanjutkan kembali," sebutnya.

Lebih lanjut Dwi menyampaikan, korban yang belum ditemukan yakni Marhaban (25), korban hilang jatuh ke dalam Sungai Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, saat mengambil rokok yang terjatuh ke dalam air pada Minggu (20/11) sore.

Kemudian Andi (45) korban hilang di sekitar perairan Lhok Kruet, Desa Kuala Bakong, Kecamatan Sampiniet, Kabupaten Aceh Jaya, korban hilang tengelam pada Senin (21/11) pukul 14.50 WIB sesuai laporan diterima Pos SAR Meulaboh dari Satgas SAR Aceh Jaya.

Selanjutnya operasi SAR terhadap Safii (50) yang hilang tengelam di Sungai Pintu Rimba Kecamatan Trumon Timur, hingga pukul 17.00 WIB dengan hasil nihil, unsur yang terlibat Pos Sar Meulaboh, Satgas SAR Aceh Selatan, Koramil Trumon Timur, Polsek Trumon, Muspika Trumon serta masyarakat.

"Untuk proses pencarian di Kabupaten Aceh Jaya diperkuat oleh satgas dari Kantor SAR Banda Aceh, sementara pencarian di Kabupaten Aceh Selatan diperkuat dengan bantuan dari Satgas SAR Aceh Barat Daya Blang Pidie," jelasnya.

Dwi Hetno menyampaikan, seluruh satgas di masing-masing kabupaten wilayah kerja tersebut bersama pihak terkait masih dalam operasi pencarian sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), meski pencarian dihentikan sementara saat malam, namun satgas SAR bersama unsur terlibat langsung turun apabila ada tanda-tanda atau laporan terlihat oleh siapapun.

Pewarta: Anwar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016