Norwegia Hargai Kemajuan HAM Indonesia

Sabtu, 21 April 2007 21:55 WIB | 589 Views

London (ANTARA News) - Pemerintah Norwegia menghargai kesungguhan Indonesia dalam memajukan Hak Azasi Manusia (HAM), dan juga dengan terbentuknya kantor Kementerian HAM yang dipimpin Hamid Awaluddin.

Untuk itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Oslo bersama tuan rumah Norwegia menfasilitasikan Pertemuan ke-6 "Dialog on Human Right" yang telah dirintis sejak tahun 1999, demikian keterangan yang diterima ANTARA News London (Inggris) dari KBRI Oslo, Sabtu.

Pertemuan ke-6 Dialog HAM di Oslo menurut rencana akan dihadiri tidak kurang dari 30 orang delegasi dari Indonesia yang akan dipimpin langsung oleh Menteri Hukum dan HAM, pejabat dari Deplu dan Kepolisian yang diadakan selama tiga hari dari tanggal 23 hingga 25 April mendatang di Oslo, Norwegia.

Dialog tersbut merupakan kelanjutan dari Dialog HAM yang diadakan di Jakarta pada bulan yang sama tahun lalu yang menghasilkan keputusan antara lain kerjasama untuk menyelenggarakan seminar pelaporan instrumen HAM Internasional.

Pelatihan HAM dan "Conflict Resolution" bagi pejabat Indonesia dan LSM di Jakarta dan Norwegia diadakan setiap tahun selain workshop untuk lembaga penegak hukum dan pelatihan HAM bagi polisi.

Dialog itu adalah sebagai kelanjutan kerjasama pertemuan HAM yang dirintis pada tahun 1999, saat Menteri Kerjasama Pembangunan Norwegia, Ms. Hilde F.Johansen mengundang Menteri HAM RI waktu itu, DR. Hasballah Saad ke Norwegia.

Pada saat itu, disepakati pula program beasiswa pendidikan S2 di bidang HAM pada Universitas Oslo sebanyak dua orang setiap tahun ajaran, demikian keterangan KBRI Oslo. (*)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2007

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Wagub DKI minta pengamanan Balai Kota ditingkatkan

Wagub DKI minta pengamanan Balai Kota ditingkatkanWakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta pengamanan di Balai Kota ditingkatkan karena sempat ada ...

Pakar: Prabowo berhadapan hukum karena "tarik diri"

Pakar: Prabowo berhadapan hukum karena Calon presiden nomor urut 1 Prabowo Subianto bisa berhadapan dengan hukum karena pernyataannya menarik diri dari ...

1.000 anak yatim piatu mendapat pengetahuan kedirgantaraan

1.000 anak yatim piatu mendapat pengetahuan kedirgantaraanSebanyak 1.000 anak yatim piatu dari berbagai wilayah di Jabotabek mendapatkan pengetahuan kedirgantaraan melalui ...