AsiaNet 65598

HONG KONG, Tiongkok, 1 Desember 2016 (Antara/Xinhua-AsiaNet) --

"Apakah Guangdong ingin berfokus pada satu area teknologi saja? Apakah Anda ingin Guangdong menjadi provinsi yang spesialis dalam satu bidang? Apakah hal tersebut penting bagi Anda?" Demikian tiga pertanyaan yang ditanyakan sekaligus oleh jurnalis Reuters Tara Joseph kepada jajaran pejabat di bidang sains dan teknologi di Guangdong. Tara adalah satu dari 80 koresponden media asing seperti Reuters, Bloomberg, New York Times, dan Finanz und Wirscahft yang menghadiri event makan siang dalam rangka mengungkap potensi dan inovasi yang dimiliki Guangdong.

Difokuskan pada inisiatif Push for Innovation yang dicetuskan pemerintah provinsi Guangdong, event ini dihelat di Hong Kong Foreign Correspondents' Club (FCC) pada hari Rabu siang. Telah memasuki seri ketiganya, event ini bertujuan untuk mensosialisasikan langkah pembangunan sosial dan ekonomi Guangdong yang terkini kepada awak media asing.

"Ya, sangat penting," jawab dengan tegas salah satu pembicara, Direktur Jenderal Departemen Sains dan Teknologi Guangdong, Profesor Huang Ningsheng, kepada pertanyaan Tara. Dia mengatakan Guangdong kini berfokus pada pengoptimalisasian beragam sektor, mulai dari industri manufaktur, ilmu kehidupan & kesehatan, dan teknologi komunikasi & informasi (TIK).

"Tujuan untuk mendorong lahirnya inovasi tidak hanya untuk meningkatkan pembangunan di bidang sosial-ekonomi, tapi juga memberikan kemaslahatan kepada masyarakat," ujarnya.

Huang melanjutkan, "Pada 2016, Guangdong berencana untuk mengalokasikan 2,58% dari PDB-nya ke sektor R&D, jumlah yang mendekati tingkat investasi di negara-negara/wilayah yang pembangunannya didorong oleh inovasi." Dia menyatakan kalau jumlah tersebut naik 0,01% YoY dan dia juga optimistik terhadap pertumbuhan investasi R&D provinsi ini di masa depan.

Diinisiasikan oleh Kantor Komisaris Kementerian Luar Negeri Tiongkok di Daerah Administratif Khusus Hong Kong, event makan siang ini, diselenggarakan oleh Kantor Informasi Guangdong, Kantor Hubungan Luar Negeri Guangdong dan Kantor Hubungan Hong Kong dan Makau, dan Departemen Sains dan Teknologi Guangdong.

Dalam beberapa tahun terakhir, sesuai arahan pemerintah pusat, Guangdong telah mengimplementasikan strategi percepatan pembangunan berbasis inovasi melalui berbagai upaya yang intens dan menyeluruh. Dengan memosisikan pembangunan yang didorong oleh inovasi sebagai strategi utama dan titik awal, Komite Guangdong Partai Komunis Tiongkok dan Pemerintah Provinsi Guangdong telah berkoordinasi satu sama lain dalam merancang kebijakan, mengumpulkan modal, mengembangkan teknologi, sumber daya manusia, platform, dll, dan telah meraih hasil yang signifikan dalam mendorong pembangunan melalui inovasi.

Sumber: Dinas Informasi Pemerintah Provinsi Guangdong, Tiongkok

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016