Jakarta (ANTARA News) - Mantan Menteri Keuangan Mar'ie Muhammad wafat pada usia 77 tahun setelah lama menderita sakit dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jakarta.

"Mohon dimaafkan segala dosa dan kesalahan almarhum selama ini dan semoga semua amal ibadah beliau bisa diterima di sisi-Nya. Amin," kata menantu Mar'ie Muhammad, Zainal Irwan, dalam pesan singkat yang diterima di Jakarta, Minggu.

Saat ini jenazah disemayamkan di rumah duka Jalan Taman Brawijaya III, Nomor 139, Cipete Utara, Kebayoran Baru. Jenazah akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, setelah disalatkan di Masjid Al Azhar.

Beberapa tokoh nasional telah hadir di rumah duka seperti mantan Wakil Presiden Boediono, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan mantan Menteri ESDM Sudirman Said.

Mar'ie Muhammad adalah Menteri Keuangan pada era Kabinet Pembangunan VI atau periode 1993-1998, setelah sebelumnya mengabdi sebagai Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan pada 1988 hingga 1993.

Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 3 April 1939, ini pernah dijuluki sebagai "Mr Clean" karena perjuangannya dalam memberantas korupsi ketika budaya koruptif masih merajalela.

"Beliau dikenal sebagai menteri keuangan yang memiliki komitmen terhadap perbaikan di mana sistem ekonomi saat itu berbeda sekali dibanding sekarang," kata Sri Mulyani seusai menjenguk Mar'ie Muhammad beberapa waktu lalu.

Sri Mulyani juga berutang budi kepada Ma'ie Muhammad karena telah banyak memberikan bantuan ketika dirinya baru pertama kali berkarir di lingkungan Kementerian Keuangan.

"Beliau pernah menjadi staf, tim khusus yang membantu saya. Banyak sekali diskusi mengenai apa-apa di Direktorat Jenderal Pajak yang perlu diperhatikan dan diperbaiki," ujarnya.

Pewarta: Satyagraha
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016