EDISON, New Jersey--(Antara/BUSINESS WIRE) -- J.M. Huber Corporation, grup perusahaan yang bergerak di industri kimia, hari ini mengumumkan telah menandatangani kesepakatan definitif untuk menjual unit bisnis silika milik Huber Engineered Materials (HEM) ke Evonik Industries AG - konglomerat industri kimia asal Jerman.

 

Transaksi ini meliputi pemindahtanganan sejumlah fasilitas silika milik HEM yang tersebar di Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Silika masih beroperasi sebagai bagian dari HEM hingga proses transaksi tersebut rampung. Selama 2016, unit bisnis Silica Huber diperkirakan mencatatkan pemasukan hingga USD300 juta dan EBITDA yang disesuaikan mencapai USD60 juta.

 

Penjualan unit bisnis silika tidak akan mempengaruhi unit bisnis lainnya milik HEM, yang meliputi Fire Retardant Additives dan Ground Calcium Carbonate.

 

President dan CEO Huber, Mike Marberry, menyampaikan, "Silica telah menjadi salah satu bagian terpenting bagi Huber sejak 1950an dan telah memungkinkan Huber untuk lebih jauh lagi memproduksi lebih banyak bahan rekayasa (engineered materials) lainnya. Meskipun sulit untuk melepaskan unit bisnis dengan nilai historis yang sangat panjang ini, tapi kami mendoakan yang terbaik agar unit bisnis ini akan lebih berkembang lagi di bawah kepemilikan Evonik serta memberikan manfaat yang lebih baik kepada para konsumen dan karyawan Silica." Transaksi ini tunduk pada persetujuan pemerintah dan diperkirakan rampung pada pertengahan kedua 2017.

 

Marberry melanjutkan, "Begitu transaksi in rampung, Huber akan menggelontorkan hasil penjualan unit bisnis ini untuk berinvestasi pada unit-unit bisnis bahan rekayasa lainnya untuk memperkuat portofolio produk khusus kami."

 

Dengan mengintegrasikan unit bisnis Silica ke dalam lini bisnisnya, Evonik akan dapat memperluas operasinya, khususnya di kawasan Amerika Utara dan Asia. "Huber Silica akan membantu kami dalam memperkuat upaya Efisiensi Sumber Daya (Resource Efficiecy) kami," ujar Chairman Dewan Eksekutif Evonik, Klaus Engel. "Selain itu, penambahan lini bisnis ini pun tentunya akan memperluas portofolio korporat Evonik."

 

Unit bisnis Silica Huber berorientasi pada sektor perawatan kesehatan gigi. Sementara itu, lini bisnis silika milik Evonik lebih difokuskan pada beragam pengaplikasian industri, diantaranya seperti industri ban dan pelapisan. Dengan menggabungkan dua entitas ini akan menciptakan satu unit bisnis silika yang paling terintegrasi di dunia, sehingga akan menghadirkan kualitas dan kuantitas layanan yang lebih baik bagi para konsumen di seluruh dunia.

 

BofA Merrill Lynch, Moelis & Company LLC, dan Jones Day, bertindak sebagai tim konsultan hukum dan keuangan bagi J.M Huber dalam transaksi ini.

 

Tentang J.M. Huber Corporation (www.huber.com)

J.M. Huber Corporation, yang berkantorpusat di Edison, new Jersey, memiliki portofolio perusahaan yang memproduksi bahan rekayasa. Didirikan pada 1883, Huber telah menjelma menjadi salah satu perusahaan keluarga terbesar di AS. Perusahaan multinasional ini memproduksi produk-produk yang digunakan pada beragampengaplikasian konsumen dan industri, diantaranya adalah zat aditif pemadam api &asap, perawatan tubuh, makanan & minuman, farmasi, dan bahan bangunan.

 

Tentang Huber Engineered Materials (www.hubermaterials.com)

Huber Engineered Materials, berkantorpusat di Atlanta, Georgia, adalah produsesn bahan rekayasa khusus yang meningkatkan performa, penampilan, dan pengolahan beragam produk yang digunakan pada berbagai pengaplikasian barang-barang konsumsi. Dengan fokus pada bahan inorganik, perusahaan ini memiliki portofolio produk bernilai tinggi: silika khusus dan silikat, alumina trihydrate, magnesium hydroxide, zat molibdat, dan karboat kalsium tingkat industri, makanan, dan USP.

 

Tentang Evonik Industries AG (www.evonik.com)

Evonik adalah pemimpin dunia di sektor kimia khusus, yang beroperasi di lebih dari 100 negara. Pada tahun fiskal 2015, lebih dari 35.000 karyawannya mencatatkan pendapatan mencapai 13,5 miliar, dengan pendapatan EBITDA sebesar 2,47 miliar euro.

 

Baca versi aslinya di businesswire.com: http://www.businesswire.com/news/home/20161209005413/en/

 

 

Kontak

 

J.M. Huber Corporation

Robert Currie, 732-603-5746

r.currie@Huber.com

 

Sumber: J.M. Huber Corporation

 

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016