Jakarta (ANTARA News) - Sosok-sosok pahlawan dan penjahat dalam "Star Wars" keluar masuk pada konstes kostum di luar gedung TCL Chinese Theater di Hollywood, California, saat para penggemar menantikan penayangan perdana "Rogue One."

Film mandiri pertama dari penayangan kembali serial Star Wars sejak Disney membelinya dari Lucasfilm Ltd milik George Lucas seharga 4 miliar dolar AS pada 2012, "Rogue One: A Star Wars Story" mengenalkan karakter-karakter baru dipimpin sosok pahlawan perempuan Jyn Erso yang dimainkan aktris Inggris Felicity Jones.

Film satu ini mengisahkan era sebelum periode waktu dalam "Star Wars: Episode IV - A New Hope" produksi 1977, dengan menceritakan para pemberontak yang berencana mencuri program senjata pemusnah, Death Star.

Film ini mendapat kritik banyak pihak namun sejauh ini sukses besar yang pada pekan ini saja ketika tayang perdana di seluruh dunia, sudah menangguk pemasukan 300 juta dolar AS sehingga menjadi box office global.

Sebelum penayangan perdana, para penggemar ramai-ramai berbusana para jedi dalam "Star Wars", Darth Vader dan Jyn Erso. Hadiah dari kontes ini kemudian jatuh kepada Dawn Bright yang mengenakan kostum Queen Amidala.

"Rogue One" tayang di bioskop setahun setelah "The Force Awakens" yang menjadi trilogi terakhir dari serial fiksi ilmiah legendaris itu.

"Star Wars lebih dari sekadar hobi," kata penggemar bernama Christy Anani seperti dikutip Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016