Jakarta (ANTARA News) - Para penggemar sepak bola Malaysia menyambut gembira keberhasilan salah satu pemain sepak bola mereka yang memenangkan penghargaan gol terbaik 2016 FIFA atas gol tendangan bebas melengkungnya.

Gol gelandang Mohamad Faiz Subri untuk negara bagian Penang di Liga Super Malaysia pada Februari 2016 itu hampir serupa dengan tendangan keras melengkung pemain legendaris Brasil Roberto Carlos saat melawan Prancis pada 1997. Ia menerima hampir 60 persen suara pada situs FIFA.

Mengenakan tuksedo, pemain ini mengucapkan terima kasih kepada pelatihnya, tim dan keluarganya saat menerima penghargaan di Zurich, Senin malam lalu.

Subri menjadi pesepak bola Asia pertama yang memenangkan penghargaan FIFA Puskas yang bergengsi itu.

"Jujur, tidak pernah terlintas dalam benak saya bahwa saya akan sampai pada tingkat ini dan dapat berdiri bersama para pemain kelas dunia di tempat yang menakjubkan ini," katanya.

Pada akun Instagram-nya, Faiz mengunggah foto dirinya bersama dengan pelatih legendaris Manchester United Alex Ferguson dan membagi fotonya bersama pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo di Twitter.

Para penggemar Malaysia menyelamatinya di Twitter dan menyebut dia telah membuat bangga negaranya. Perdana Menteri Malaysia Najib Razak memimpin pemberian selamat itu.

"Selamat.... keberhasilan Anda dalam memenangkan penghargaan tersebut akan membawa inspirasi bagi para pemain Malaysia," tulisnya pada akun Facebook-nya.

Sepuluh finalis Penghargaan FIFA Puskas, terpilih dari ribuan gol yang dicetak di seluruh dunia di antara September 2015 hingga September 2016, demikian AFP.

Penerjemah: Monalisa
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017