Cilacap (ANTARA News) - Korban tenggelam di Waduk Malahayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, kata Koordinator Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Pos SAR Cilacap Mulwahyono.

"Berdasarkan laporan dari anggota kami di lapangan, korban atas nama Bambang (30) ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada pukul 10.00 WIB setelah dilakukan penyelaman di sekitar lokasi kejadian," katanya di Cilacap, Minggu.

Setelah dievakuasi dari lokasi penemuan, kata dia, jenazah korban selanjutnya dibawa ke Puskesmas Banjarharjo untuk menjalani pemeriksaan sebelum dipulangkan ke rumah duka di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes.

Ia mengatakan korban atas nama Bambang dilaporkan hilang karena tenggelam setelah perahu kecil yang ditumpanginya terbalik akibat angin kencang dan hujan deras.

Peristiwa nahas itu terjadi ketika korban bersama empat warga lainnya sedang memancing di Waduk Malahayu dengan menggunakan perahu kecil pada Sabtu (21/1), sekitar pukul 16.45 WIB.

Akan tetapi, tiba-tiba turun hujan deras yang disertai angin kencang sehingga perahu menjadi oleng dan akhirnya terbalik.

Seluruh penumpang perahu jatuh ke air, empat orang di antaranya dapat diselamatkan, sedangkan Bambang tenggelam hingga akhirnya hilang.

Sebanyak empat penumpang yang selamat terdiri atas Wijanarko (45), warga Desa Cikuya, Kecamatan Banjarharjo, serta Ahmad (50), Agus Seno (33), dan Lengkir (47), warga Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Brebes.

"Dengan ditemukannya jasad Bambang, operasi pencarian korban tenggelam di Waduk Malahayu berakhir dan seluruh potensi SAR yang terlibat telah kembali ke pangkalan masing-masing," kata Mulwahyono.

Selain Basarnas Pos SAR Cilacap, kata dia, potensi SAR yang terlibat dalam operasi pencarian korban tenggelam di Waduk Malahayu, antara lain SAR Brebes, Kepolisian Sektor Banjarharjo, Koramil Banjarharjo, dan masyarakat sekitar.

Dia mengatakan saat ini satu regu Basarnas Pos SAR Cilacap juga sedang melaksanakan operasi pencarian seorang korban tenggelam di Pantai Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

"Korban atas nama Soiman alias Gendon (34), warga Desa Karangduwur RT05/RW01, Kecamatan Ayah, dilaporkan terseret gelombang tinggi saat sedang mencari udang di Pantai Karangduwur pada Sabtu (21/1) dan hingga saat ini masih dalam pencarian," katanya.

Ia mengatakan operasi pencarian korban tenggelam di Pantai Karangduwur juga melibatkan personel SAR Lawet Perkasa Kebumen, Polsek Ayah, Koramil Ayah, Pos TNI Angkatan Laut, dan potensi SAR lainnya termasuk warga sekitar.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017