Surabaya (ANTARA News) Mahasiswa program studi Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya Mochammad Bachrum Firdaus berinovasi dengan membuat jasa servis mobil berbasis dalam jaringan (daring).

"Pembuatan jasa servis mobil berbasis daring tersebut untuk memudahkan orang-orang memperoleh informasi akurat dan lengkap tentang bengkel mobil di Surabaya," kata dia di kampus setempat, Selasa.

Selain itu dibuatnya ini untuk memberikan peluang pemilik usaha bengkel mobil untuk memperkenalkan dan mempromosikan lebih luas usaha bengkel mobilnya.

"Portal jasa servis mobil untuk membantu menghubungkan dan menfasilitasi para pemilik usaha jasa servis mobil dan para klien," paparnya.

Dia menjelaskan portal jasa servis mobil diciptakan menggunakan bahasa pemrograman PHP, Javascript dan database MySql. Selain itu, portal jasa servis mobil dirancang dengan fitur User interface diharapkan dapat mempermudah orang yang ingin mendapatkan informasi bengkel mobil dan pemesanan servis.

Bachrum menerangkan, dalam portal tersebut memuat fitur menu lengkap seperti halaman menu utama, halaman menu register, halaman menu utama "client" ini menampilkan data client secara detail. Sementara untuk melakukan order, client bisa masuk menu order Implementasi menu utama client.

"Halaman menu utama bengkel menampilkan data bengkel secara detail dan pihak bengkel dapat mengambil orderan juga menginputkan data mekaniknya," katanya.

Sedangkan halaman menu data bengkel, lanjut dia untuk melihat daftar bengkel yang sudah terdaftar menjadi member di web portal bengkel. Halaman order client untuk membuat order service yang akan di take order oleh pihak bengkel.

Dia mengatakan terdapat juga halaman order darurat client untuk membuat order yang sifatnya darurat dan harus segera dilakukan penanganan oleh mekanik.

Halaman draf service untuk melihat riwayat order service yang pernah dilakukan oleh client, halaman profil client, halaman profil company, halaman edit profil, halaman input mekanik,halaman input merk mobil dan tipe mobil dan halaman konfirmasi order.

Dirinya berharap sistem yang berbasiskan daring tersebut bisa memudahkan para pemilik usaha servis mobil dan para client untuk mengaksesnya kapanpun dan di mana saja.

"Saya berharap web ini nantinya bisa dikembangkan menjadi aplikasi berbasis android," pungkasnya.

Pewarta: Indra/Willy
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017