Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri akan menggunakan hak pilihnya di TPS027, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan atau tepat di depan rumahnya.

Dari informasi petugas TP027, daftar pemilih tetap pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta sebanyak 745 orang.

Sampai berita ini diturunkan panitia TPS masih mempersiapkan surat suara yang akan digunakan pemilih. Kendati demikian, sejumlah pemilih sudah berada di lokasi.

Mantan presiden RI itu sendiri belum mendatangi lokasi pemungutan suara saat berita diturunkan.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan Megawati memutuskan akan mencoblos di TPS di Lapangan Kebagusan. Ada alasan khusus bagi Ibu Megawati dan keluarga, karena di Kebagusan dikenal dengan rekam jejak demokrasi yang panjang.

Menurut Hasto, pada era Orde Baru, ketika ruang publik dikendalikan Pemerintah, PDI Perjuangan saat itu, melakukan rapat partai di halaman rumah di Kebagusan.

Pohon-pohon dan tanaman, kata dia, menjadi saksi bagaimana demokrasi arus bawah melakukan konsolidasi.

"Atas dasar kesejarahan Kebagusan itulah, maka pada Pilkada DKI Jakarta kali ini Megawati bersama keluarga memutuskan untuk memberikan hak suaranya di TPS Kebagusan," jelas Hasto.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017