Jakarta (ANTARA News) - DPP PAN secara resmi mendukung pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dalam putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017 setelah mendengarkan aspirasi kader di akar rumput dan segera mendeklarasikan dukungannya secara resmi, kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto.

"DPP PAN pada Rabu (22/3) akan menyampaikan dukungan secara resmi kepada pasangan Anies-Sandi di putaran kedua Pilkada Jakarta 2017," kata Yandri di Ruang Rapat Fraksi PAN di DPR, Jakarta, Senin.

Dia membenarkan DPW PAN DKI Jakarta telah mendeklarasikan dukungan dan suara akar rumput PAN mendukung untuk pasangan nomor urut tiga itu.

Menurut dia tidak ada satu pun suara kader PAN yang menginginkan partai tersebut mendukung pasangan Basuki T. Purnama-Djarot S. Hidayat.

"Karena atas dasar kolektif kolegial, kebersamaan dan mendengar suara akar rumput. Tidak ada satupun saran dan pendapat masuk ke DPP PAN kecuali untuk mendukung Anies-Sandi," ujarnya.

Baca juga: (PAN: Ridwan Kamil potensial pimpin Jabar)

Sekretaris FPAN di DPR itu mengatakan sejak awal partainya ingin menghadirkan calon alternatif di Pilkada Jakarta selain Ahok.

Hal itu menurut dia karena sosok Ahok tidak sesuai dengan karakter PAN dan partainya tidak ada masalah dengan Djarot maupun parpol pengusung paslon tersebut.

"Kami tidak ada masalah dengan partai pendukung Ahok-Djarot dan dengan Mas Djarot tidak ada masalah tapi ada pada persoalan Ahok pribadi," katanya.

Yandri menekankan bahwa komunikasi PAN dengan parpol pengusung Ahok-Djarot tetap baik meskipun partainya tidak mendukung pasangan tersebut.

Dia mengatakan komunikasi dan hubungan PAN dengan PDI Perjuangan, Golkar, Partai Hanura maupun Partai Nasdem masih terjalin dengan baik.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017