Menlo Park, California (ANTARA News) - Facebook Inc menambahkan satu fitur pada aplikasi Messenger untuk memungkinkan penggunanya berbagi lokasi secara langsung secara berkelanjutan sampai satu jam, bersaing dengan perangkat yang ditawarkan oleh Apple Inc dan Google Maps Alphabet Inc's.

Perusahaan mendapati satu frasa yang sering digunakan saat bercakap-cakap dengan teman dan keluarga di Messenger adalah "Sedang di mana?" atau beberapa variasinya, kata Kepala Produk Messenger, Stan Chudnovsky, dalam sebuah wawancara.

"Begitu lah kira-kira yang dikatakan, tentang apa yang paling menarik untuk mereka," kata Stan sebagaimana dikutip kantor berita Reuters.

Berbagi informasi lokasi sifatnya pilihan, tapi dapat dilakukan secara langsung, sehingga saat seorang pengguna membagikan lokasinya kepada seorang teman, teman itu dapat melihat pergerakan pengguna selama 60 menit.

Messenger pernah menjadi salah satu bagian inti aplikasi Facebook di telepon seluler, namun sejak 2014 perusahaan itu memisahkan fitur mengobrol tersebut dan terus membuat perubahan untuk membuat layanan terpisah dari jejaring sosial.

Facebook telah mengujinya di Meksiko sekitar Oktober tahun lalu dan sudah siap ketika itu. Namun perusahaan bekerja memperbaikinya selama lima bulan lebih untuk meminimalkan dampaknya ke daya tahan baterai telepon.

Chudnovsky mengatakan Facebook melihat fitur digunakan untuk kenyamanan berkoordinasi dengan teman dan tujuan-tujuan keamanan lain. Pembaruan tersebut akan tersedia secara global menurut perusahaan.

Google Maps pekan lalu menyatakan menambahkan fitur langsung serupa untuk meningkatkan keterikatan pengguna produk tersebut.

Kedekatan pengumuman penambahan fitur itu memberi tahu Facebook "bahwa kami mengerjakan hal yang tepat" menurut Chudnovsky.

Aplikasi pesan di iPhone Apple juga punya fitur semacam itu.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017