Milan (ANTARA News) - AS Roma mempertahankan perburuannya terhadap pemuncak klasemen Liga Italia Juventus dengan kemenangan 3-0 di markas Bologna pada Minggu, sedangkan harapan-harapan Inter Milan untuk tampil di Eropa mendapat hantaman ketika mereka takluk 1-2 di markas tim papan bawah Crotone.

Ini merupakan kemenangan kelima Crotone di musim ini dan sejauh ini, hasil ini merupakan hasil paling impresif untuk tim dari Calabria yang bermain di kompetisi strata tertinggi untuk pertama kalinya.

Roma masih tertinggal enam angka dari Juventus yang menang 3-0 atas Chievo pada Sabtu. Kedua tim memiliki tujuh pertandingan untuk dimainkan, termasuk pertemuan di Stadio Olimpico pada 14 Mei.

Napoli mempererat genggaman mereka terhadap peringkat ketiga, yang berhadiah tiket ke playoff Liga Champions, dengan kemenangan 3-0 atas tim peringkat keempat Lazio, membuka keunggulan tujuh angka atas lawan-lawannya dan masih tertinggal empat angka dari Roma.

Federico Fazio membawa Roma memimpin dari jarak dekat pada menit ke-26 dan Mohamed Salah menambahi gol mereka sebelum turun minum, ketika ia mengejar operan Edin Dzeko dan dengan cerdik mencungkil bola melewati Antonio Mirante.

Dzeko melengkapi kesuksesan timnya pada menit ke-75 ketika ia meneruskan umpan silang Diego Perotti untuk menjadi gol ke-24nya musim ini, membuat dirinya menjadi salah satu pemain tersubur di liga.

Crotone menaklukkan Inter dengan dua gol dari penyerang Diego Falcinelli dalam rentang waktu empat menit pada pertengahan babak pertama.

Falcinelli mengonversi penalti, yang dihadiahkan karena "handball" Gary Medel, pada menit ke-19 dan kemudian menaklukkan perangkap offside untuk mengejar operan Marcelo Trotta dan mencungkil bola melewati Samir Handanovic.

Danilo DAmbrosio mencetak satu gol balasan untuk Inter pada babak kedua, namun Crotone mengukir kemenangan bersejarah yang memperbesar harapan mereka untuk lolos dari ancaman degradasi.

Mereka masih menghuni zona merah namun saat ini hanya terpaut tiga angka dari Empoli dan zona aman.

Sementara itu, Inter turun ke peringkat ketujuh dan di luar zona Liga Europa, meningkatkan tekanan terhadap pelatih Stefano Pioli.

AC Milan melampaui tim sekota mereka menuju peringkat keenam dengan kemenangan 4-0 atas Palermo, yang unggul satu angka dari dasar klasemen dengan 15 angka dan hampir pasti terdegradasi.

Jose Callejon membawa Napoli memimpin pada babak pertama di markas Lazio dengan menyelesaikan pergerakan mulus timnya, dan Lorenzo Insigne memanfaatkan operan Allan untuk menambahi gol kedua pada menit keenam babak kedua.

Napoli masih menyimpan kemampuan terbaik mereka, mengemas gol ketiga menjelang pertandingan usai melalui pergerakan operan yang dimulai dari tengah lapangan, kembali ke kiper Pepe Reina dan kemudian berakhir di sisi lain lapangan di mana Insigne menuntaskannya untuk menjadi gol keduanya.

Fiorentina dua kali bangkit dari ketinggalan untuk bermain imbang 2-2 di kandang Sampdoria, dan penyerang Torino Andrea Belotti mencetak gol ke-24nya musim ini dengan kemenangan 3-2 di kandang Cagliari untuk tetap menempel Dzeko di puncak daftar pencetak gol terbanyak, demikian Reuters melaporkan.

(H-RF/A020)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017