Sleman (ANTARA News) - Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta Brigadir Jenderal Polisi Ahmad Dofiri meminta anggotanya meningkatkan kewaspadaan terkait adanya serangan teroris yang menyasar anggota polisi di Tuban, Jawa Timur beberapa waktu lalu.

"Mempertimbangkan perkembangan situasi yang memperlihatkan aparat kepolisian menjadi sasaran dari sejumlah aksi terror yang terjadi akhir-akhir ini, Kapolda DIY meekankan kepada seluruh anggota untuk meningkatkan kewaspadaan," kata Kabid Humas Polda DIY AKBP Yulianto, Selasa.

Menurut dia, arahan Kapolda DIY tersebut disampaikan secara langsung saat menggelar pertemuan dengan jajaran Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) dan Kepala Satuan Kerja (Kasatker) di jajaran Polda DIY.

"Imbauan Kapolda jelas, anggota diminta untuk meningkatkan kewaspadaan, baik untuk diri sendiri maupun lingkungan dimanapun berada baik dalam kondisi bertugas maupun lepas tugas," katanya.

Ia mengatakan, secara teknis untuk kegiatan rutin tidak mengalami perubahan. Standar Operasional Prosedur (SOP) pelaksanaan tetap berlaku seperti pada hari biasa.

"Penjagaan markas komando yang saat ini diberlakukan satu pintu masuk dengan penempatan anggota bersenjata di setiap pintu masuk tetap dilakukan," katanya.

Yulianto mengatakan, kegiatan patroli keamanan wilayah juga terus dilakukan sesuai dengan pemetaan kondisi di masing-masing wilayah.

"Ada pemetaan daerah rawan, daerah aman, jam rawan jam aman. Patroli tetap dilakukan dalam skala cukup sesuai dengan hasil pemetaannya. Patroli kemanan juga harus dilakukan minimal dua orang personel," katanya.

Ia mengatakan, meski ada peningkatan kewaspadaan diharapkan, citra polisi yang humanis dan dekat dengan masyarakat tetap dikedepankan. Anggota tidak boleh memperlihatkan kesan angker dan menakutkan kepada masyarakat.

"Terlebih kepada masyarakat yang memerlukan pelayanan maupun perlindungan dari aparat kepolisian," katanya.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017