Depok (ANTARA News) - Mahasiswa jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Yudhistira Oktaviandie terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi Utama Universitas Indonesia (UI) 2017.

"Mahasiswa berprestasi Utama UI akan mewakili UI dalam seleksi mahasiswa berprestasi Tingkat Nasional dan bersaing dengan para Mahasiswa Berprestasi Perguruan Tinggi se-Indonesia pada bulan Juli 2017," kata Kepala Humas dan Keterbukaan Informasi Publik, Rifelly Dewi Astuti di kampus UI Depok, Minggu.

Sebagai pemenang kedua adalah Alif Azadi Taufik, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Muhammad Radhiyan Pasopati Pribadi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebagai pemenang ketiga.

Finalis Mahasiswa Berprestasi UI (Mapres UI) ada 14 (Empat Belas) mahasiswa yang berprestasi pada Program Sarjana (S1) dan 2 (dua) Program Vokasi dari seluruh Fakultas di lingkungan UI yang sebelumnya mereka telah lolos seleksi di tingkat Fakultas.

Keempat belas finalis Mapres UI 2017 adalah Stevanus Samudra (FK), Sabrina Amira (FKG), Yudhistira Okttaviande (FMIPA), Muhammad Zaki Zahirsyah (FT), Chita Arifa Hazna (FH), Ratu Annisaa Suryasumirat (FIB), Aditya Benyamin (F.Psi), Muhammad Radhiyan Pasopati Pribadi (FISIP), Asti Shafira (FKM).

Selanjutnya Muhammad Reza Qorib (Fasilkom), Nuikita Wachid (FIK), Sheila Odilia (F.Farmasi), Syifa Amania Afra (FIA), Reva Pernanda (Vokasi) dan Tubagus Akbar Ikhwandi (Vokasi).

"Keempat belas finalis tersebut akan diprioritaskan sebagai delegasi UI di tingkat nasional maupun internasional," jelasnya.

Pemenang Mapres Utama UI mendapatkan uang pembinaan pendidikan sebesar Rp10.000.000 (sepuluh juta rupiah). Sedangkan pemenang kedua mendapatkan uang pembinaan pendidikan sebesar Rp7.500.000 (tujuh juta lima ratus ribu rupiah) dan pemenang ketiga memperoleh Rp5.000.000 (lima juta rupiah). Sistem penilaian Mapres Tingkat Utama UI 2017 berdasarkan penilaian CV, karya ilmiah dan presentasi, psikotes, serta kemampuan bahasa Inggris.

Yudhistira juga melakukan penelitian yang berjudul Photobireactor Lepas Pantai untuk Produksi Biofuel Berbasis Mikroalga Hasil Rekayasa Genetik Sebagai Solusi Energi Keberlanjutan di Indonesia.

Felly mengatakan penyelenggaraan Malam Apresiasi Prestasi Mahasiswa UI 2017 diharapkan dapat mengapresiasi prestasi mahasiswa serta dapat terus memicu para mahasiswa UI untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif di lingkungan kampus maupun masyarakat baik itu bidang akademis maupun non akademis yang diikuti dengan sikap dan karakter pribadi yang positif.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017