Jayapura (ANTARA News) - Presiden Jokowi dalam kunjungan kerjanya ke Papua selama dua hari yakni 9-10 Mei, dijadwalkan meresmikan tiga proyek yang berlokasi di Jayapura.

Ketiga proyek yang akan diresmikan yaitu Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, PLTU Holtekam dan pasar mama-mama yang berlokasi di jalan Percetakan, Kota Jayapura.

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian kepada Antara, Senin mengatakan, selain meresmikan ketiga proyek juga dilakukan penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH) serta penyerahan sertifikat tanah.

Sedangkan di Wamena, Presiden Jokowi akan meninjau pembangunan jalan Wamena-Habema sepanjang 47 km dengan menggunakan kendaraan roda empat kemudian dilanjutkan dengan menggunakan sepeda motor.

Ruas jalan Wamena-Habema sepanjang 47 km masih tersisa sekitar lima kilometer yang belum diaspal sehingga Presiden Jokowi akan menggunakan sepeda motor, kata Mayjen TNI Siburian yang mengaku baru kembali dari Wamena.

Sementara itu Kepala Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPLN) Wilayah XVIII Papua Oesman Marbun secara terpisah mengatakan, pembangunan jalan Wamena-Habema merupakan bagian dari Wamena-Mumugu sepanjang 284 km.

Bila selesai dibangun maka diharapkan berbagai kebutuhan masyarakat dapat diangkut melalui jalan darat karena di Mumugu akan dibangun pelabuhan.

"Kesulitan dalam melaksanakan pembangunan jalan ruas Wamena-Mumugu adalah faktor geografis termasuk cuaca yang terkadang ekstrim," kata Marbun.


Baca juga: (Presiden minta penerima izin hutan kelola produktif)

Baca juga: (Presiden berharap kasus sengketa lahan berkurang)

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017