Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional putri U-15 Indonesia ditaklukkan Filipina dengan skor 2-0 dalam pertandingan perdana grup B kejuaraan AFF U-15 putri 2017 di Stadion KM16, Vientiane, Laos, Selasa.

Dalam laga itu, dua gol Filipina diciptakan oleh Cera Viviana di menit ke-20 dan Alexander Katelyn di menit ke-33.

Pelatih timnas putri U-15 Indonesia, Rully Nere, dalam keterangan resmi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang diterima di Jakarta, Selasa, menduga kekalahan anak-anak asuhnya disebabkan oleh rasa demam panggung di laga perdana internasional.

Hal itu diperburuk oleh tekanan pemain Filipina, yang berpostur lebih tinggi, khususnya di babak pertama. Namun permainan Garuda putri dianggap membaik di 45 menit kedua.

"Di babak kedua kami bisa menekan balik dan mendapatkan peluang, termasuk dua tendangan yang membentur mistar gawang," tutur Rully.

Pandangan senada diungkapkan kapten timnas U-15 Safira Ika. Menurut dia, dirinya dan rekan takluk karena kurang beruntung.

"Sebenarnya kami bisa mengimbangi, tetapi Filipina berhasil memanfaatkan kesempatan," kata Safira.

Timnas putri pun menegaskan akan bekerja keras memenangkan pertandingan kedua Grup B kontra Singapura pada Kamis (11/5) di Stadion KM 16, demi menjaga peluang lolos ke babak berikutnya.

Laga berhadapan Singapura sendiri dijadwalkan berlangsung pukul 16.00 waktu setempat. Di laga terakhir, Indonesia akan melawan Kamboja pada Sabtu (13/5).

Pewarta: Michael S
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017