London (ANTARA News) - Liverpool meraih kemenangan dalam laga pekan ke-37 Liga Utama Inggris dengan menundukkan West Ham United 4-0 di Stadion Olimpiade, London, Inggris, Minggu.

Kemenangan tersebut, mengantarkan tim besutan Juergen Klopp itu kembali naik ke peringkat ketiga dengan raihan 73, menempati posisi yang sempat diambil alih oleh Manchester City (72) yang menang atas lawannya pada Sabtu (13/5) kemarin.

Hasil itu sekaligus memperbesar peluang Liverpool dalam perebutan satu tiket ke Liga Champions musim depan, meski sejumlah pesaing mereka seperti City (72), Arsenal (69) dan Manchester United (65) memiliki keuntungan satu laga simpanan yang belum dijalani.

Daniel Sturridge yang baru melakoni start keenamnya untuk Liverpool di musim ini menjadi salah satu bintang kemenangan timnya dengan mencetak gol pembuka keunggulan pada menit 35, setelah ia terlepas dari jebakan offside dan berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Adrian.

Pemain tim nasional Inggris itu dengan dingin mengecoh Adrian sebelum menyarangkan bola ke dalam gawang yang sudah tak bertuan.

Ia juga mengirimkan assist atas gol keempat Liverpool yang dicetak oleh Divock Origi pada menit 76, yang sebetulnya lebih terlihat sebagai percobaan tembakan ketimbang umpan. Namun bola yang mengarah ke kakinya berhasil dibelokkan Origi untuk meluncur ke dalam gawang.

Sturridge seharusnya bisa menambah pundi golnya pada menit 79, jika saja Origi tidak berlaku egois dan melepaskan tendangan yang terlalu mudah diselamatkan Adrian ketimbang menggulirkan umpan kepada Sturridge yang berdiri bebas tanpa kawalan.

Selain Sturridge, Coutinho juga menjadi bintang kemenangan Liverpool dengan dua golnya yang melengkapi assist untuk gol pembuka Liverpool.

Pada menit 57, Coutinho menampilkan aksi individual nan menawan dengan menari merangsek ke dalam kotak penalti melewati kerumunan pemain West Ham sebelum melepaskan tembakan tak terbendung Adrian untuk menggandakan keunggulan Liverpool.

Gol tersebut berawal dari tendangan spekulasi Georginio Wijnaldum yang membentur mistar gawang, namun tak mampu disapu barisan pemain belakang West Ham dan malah diamankan oleh Coutinho.

Empat menit berselang, Coutinho mencetak gol keduanya di laga tersebut dengan sebuah penyelesaian nan tenang atas umpan Wijnaldum. Meski demikian gol itu sarat kontroversial, karena sesaat sebelumnya Wijnaldum dianggap menyentuh bola dengan tangannya di dalam kotak penaltinya sendiri dan belakangan seorang pemain West Ham tergeletak di sana namun para pemain Liverpool memilih melanjutkan bangunan serangan balik.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Utama Inggris:

West Ham United (3-4-2-1): Adrian (PG); Jose Fonte (Ashley Fletcher), Winston Reid, James Collins; Sam Byram, Edimilson Fernandes, Havard Nordtveit, Aaron Cresswell; Andre Ayew (Robert Snogdrass), Manuel Lanzini; Jonathan Calleri (Sofiane Feghouli)
Pelatih: Slaven Bilic

Liverpool (4-3-3): Simon Mignolet (PG); Nathaniel Clyne, Joel Matip, Dejan Lovren, James Milner; Adam Lallana (Marko Grujic), Emre Can, Georginio Wijnaldum; Divock Origi, Daniel Sturridge (Lucas Leiva), Philippe Coutinho (Ben Woodburn)
Pelatih: Juergen Klopp

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017