Jakarta (ANTARA News) - Penyerang muda Kylian Mbappe mencetak gol yang mengantar AS Monaco menjadi juara Liga Prancis (Ligue 1) seusai mengalahkan Saint Etienne dengan skor 2-0 pada pertandingan pekan ke-37 di Stadion Stade Louis II, Kamis waktu Indonesia.

Kylian Mbappe yang tampil bersinar musim ini dan menjadi incaran klub-klub raksasa Eropa mencetak gol pada babak pertama. Sedangkan gol Valere Germain pada babak kedua melengkapi kemenangan 2-0 Monaco atas Saint Etienne.

Monaco menguasai tabel klasemen Liga Prancis dengan perolehan 92 poin, unggul enam angka dari Paris Saint Germain (PSG) yang terus menguntit dari posisi kedua dengan satu pertandingan tersisa.

Hasil ini pun mengakhiri puasa gelar Liga Prancis yang diderita Monaco selama 17 tahun setelah mereka menjadi juara terakhir kalinya pada tahun 2000. Selain itu, piala ini merupakan gelar Liga Prancis ke delapan yang diterima Monaco.

Selain itu, kemenangan ini mematahkan dominasi PSG yang menguasai puncak Liga Prancis dalam empat tahun terakhir.

Pada jalannya laga, Monaco yang hanya membutuhkan hasil imbang untuk menjadi juara unggul 1-0 berkat gol Kylian Mbappe yang meneruskan umpan terobosan Radamel Falcao pada menit 19.

Monaco kian menggencarkan serangan pada awal babak kedua dari aksi Lemar dan Falcao namun tidak menghasilkan gol tambahan.

Sebaliknya, Saint Etienne beberapa kali mencuri serangan balik dari aksi Veretout, Saivet dan Soderlund namun tidak menghasilkan peluang yang cukup matang untuk menjadi gol.

Hingga pertengahan babak kedua, Monaco pun tidak mengubah gaya permainan dengan terus menggempur pertahanan Saint Etienne.

Valere Germain akhirnya memastikan Monaco menang dengan skor 2-0 setelah mencetak gol dari sebuah skema serangan balik yang dilancarkan Thomas Lemar pada menit 90, demikian Skysports.

Susunan pemain:

Monaco (4-4-2):
Subasic; Sidibe, Jemerson, Glik, Mendy; Silva, Moutinho, Fabinho, Lemar; Mbappe, Falcao.
Cadangan: Jorge, Carrillo, Bakayoko, De Sanctis, Germain, Toure, Raggi.

St-Etienne (3-4-2-1):
Ruffier; Theophile Catherine, Lacroix, Pogba; Maiga, Veretout, Lemoine, Polomat; Saivet, Nordin; Soderlund.
Cadangan: Rocha Santos, Pierre-Gabriel, Clement, Hamouma, Beric, Moulin, Nade.


Baca juga: (Monaco berada di ambang raihan gelar Liga Prancis)

Pewarta: Alviansyah P
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017