Sabtu, 24 Juni 2017

IKM perlu cermat tentukan harga produk

| 2.690 Views
IKM perlu cermat tentukan harga produk
Dirjen IKM Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih saat memberi sambutan di Jakart, Senin. (ANTARA News/ Sella Panduarsa Gareta)
Jakarta (ANTARA News) - Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) perlu cermat menentukan harga produk yang mereka jual, demikian disampaikan Dirjen IKM Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih.

"Nanti kami ajarkan bagaimana menentukan harga. Karena banyak IKM yang tidak tahu cara menentukan harga, kebanyakan lebih mahal atau kemurahan," kata Gati ditemui di Jakarta, Senin.

Menurut Gati, terdapat beberapa pertimbangan dalam menentukan sebuah harga produk, di antaranya menghitung harga bahan baku, keuntungan dan kreativitas.

"Sebetulnya kreativitas itu yang harganya mahal. Apalagi terdapat spesifikasi khusus pada barang tersebut, nah itu bikin harganya lebih mahal," ujarnya.

Gati menambahkan, IKM juga perlu berhati-hati dalam menentukan harga, terlebih produk tersebut dijual secara online, mengingat pelanggan dapat mencari dengan mudah perbandingan harga produk itu di internet.

"Jangan salah, atau malah merugi, karena dengan satu kali klik, harga untuk produk sejenis bisa didapat dengan cepat," pungkasnya.


Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar Pembaca
Baca Juga