Jakarta (ANTARA News) - Cristiano Ronaldo mencetak gol tunggal yang mengantar Portugal mengalahkan tim tuan rumah Rusia pada pertandingan kedua Grup A Piala Konfederasi 2017 di Otkrytie Arena, Moskow, Rabu.

Ronaldo pun mencatatkan rekor sebagai pemain yang berhasil mencetak gol di seluruh kompetisi besar antara lain Piala Dunia 2006, 2010 dan 2014, Piala Eropa 2008, 2012 dan 2016, serta Piala Konfederasi 2017.

Secara total pemain berjuluk CR7 itu telah mencetak 74 gol untuk Timnas Portugal.

Selain itu, kemenangan ini juga mengantar Portugal menjadi pemuncak klasemen grup A dengan perolehan 4 poin, unggul satu poin dari Rusia yang berada di peringkat kedua. Meksiko dan Selandia baru yang berada di posisi tiga dan empat akan bertanding pada Kamis dini hari nanti.

Pada jalannya pertandingan, kedua tim memulai permainan dengan berhati-hati. Rusia lebih banyak memainkan umpan-umpan panjang guna melewati lini tengah Portugal yang memiliki kecepatan.

Namun melalui sebuah serangan dari sisi sayap, Portugal berhasil menjebol gawang Rusia berkat tandukan Ronaldo yang menerima umpan silang Raphael Guerreiro pada menit 8.

Ronaldo yang berlari ke mulut gawang Rusia berhasil lolos dari kawalan pemain bertahan kemudian menyambut bola umpan silang dengan tandukan jarak dekat yang gagal ditangkap Akinfeev.

Ronaldo kembali menjadi momok bagi pertahanan Rusia. Pada menit 32, kapten timnas Portugal itu melepaskan tembakan ke gawang Akinfeev, namun tidak berbuah gol.

Peluang terbaik Rusia di babak pertama tercipta di menit 41 saat Golovin melepaskan umpan mendatar kepada Smolov yang tidak terkawal bek Portugal, namun sepakan kaki kiri Smolov gagal menembus gawang Portugal.

Pada awal babak kedua, kerja sama antara Ronaldo, Cedric dan Andre Silva cukup membuat Rusia kewalahan. Beruntung Akinfeev berhasil mematahkan peluang itu.

Rusia dan Portugal tetap melancarkan serangan pada pertengahan babak kedua, namun tidak menghasilkan peluang yang berbahaya.

Menjelang laga berakhir, Rusia memiliki peluang emas saat Dzhikiya menaduk umpan tendangan penjuru Samedov pada menit 90+2. Namun arah bola justru melambung ke atas gawang Patricio. Skor 1-0 untuk kemenangan Portugal bertahan hingga akhir laga, demikian FIFA.

Susunan pemain:

Portugal (4-4-2):
Patricio; Cedric, Alves, Pepe, Guerreiro; Bernardo Silva, Carvalho, Adrien Silva, Gomes; Ronaldo, Andre Silva
Cadangan: Beto, Jose Sa, Neto, Nelsinho, Eliseu, Fonte, Pereira, Pizzi, Nani, Moutinho, Quaresma, Martins

Russia (3-5-2):
Akinfeev; Samedov, Dzhikiya, Vasin, Kudryashov, Zhirkov; Shishkin, Golovin, Glushakov; Smolov, Kombarov
Cadangan: Gabulov, Guilherme, Smolnikov, Kutepov, Kambolov, Gazinskiy, Tarasov, Erokhin, Kanunnikov, Poloz, Bukharov

Pewarta: Alviansyah P
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017