Manado (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga mewaspadai cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi di sejumlah wilayah, Sabtu.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah," kata Kepala Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Tri Tjahyo.

Peringatan dini ini berpeluang terjadi di wilayah Kota Manado, Tomohon, Kabupaten Minahsa, Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara.

Pada siang hari hujan ringan diperkirakan terjadi di wilayah Kota Bitung, Ondong (Kabupaten Kepulauan Sitaro) dan Melonguane (Kabupaten Kepulauan Talaud).

Hujan sedang diprediksi terjadi di wilayah Lolak (Kabupaten Bolaang Mongondow), Boroko (Kabupaten Bolaang Mongondow Utara), Molibagu (Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan) dan Tutuyan (Kabupaten Bolaang Mongondow Timur).

Sementara hujan lebat di wilayah Kota Manado, Tomohon, Airmadidi (Kabupaten Minahasa Utara), Tondano (Kabupaten Minahasa), Amurang (Kabupaten Minahasa Selatan) dan Ratahan (Kabupaten Minahasa Tenggara).

Pada malam hari akan terjadi hujan lokal di wilayah Kota Manado, Airmadidi (Kabupaten Minahasa Utara), Tondano (Kabupaten Minahasa), Amurang (Kabupaten Minahasa Selatan) dan Ondong (Kabupaten Kepulauan Sitaro).

Sedangkan pada dini hari cuaca cerah berawan akan terjadi di seluruh wilayah Sulawesi Utara.

"Suhu udara sekitar 18-32 derajat selsius dengan kelembaban udara 65-95. Sementara itu angin bertiup dengan kecepatan 5-10 kilometer per jam dari arah selatan menuju barat," jelas Tjahyo.

(T.K011/I006)

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017