Jakarta (ANTARA News) - OPPO beberapa waktu lalu menambah anggota keluarga ponsel Selfie Expert dengan mengeluarkan F3, masih mengusung dual kamera depan.


OPPO berinvestasi pada kamera depan, sama seperti pendahulunya F3 Plus, memasang resolusi lebih besar (16MP dan 8 MP) dibandingkan kamera belakang 13MP.


Kamera 16MP dapat digunakan untuk berswafoto sendiri, tambahkan modus Beauty bila ingin tampilan wajah lebih terang, atau aktifkan efek Bokeh agar latar belakang yang ramai tidak mengganggu selfie.


Wefie
Kemampuan paling menonjol yang ditawarkan OPPO F3 adalah jangkauan kamera depan 8MP yang dapat mengambil gambar dengan sudut lebar 120 derajat.


Sudut yang lebar memungkinkan lebih banyak orang masuk ke dalam frame saat foto beramai-ramai, alias wefie atau group selfie.


Sudut yang luas ini mampu menampung banyak orang dalam jarak yang berjauhan, mirip bila mengambil foto dengan bantuan selfie stick atau tongsis, seperti dalam gambar berikut.



Cara mengaktifkan kamera 8MP di F3 sangat mudah, sama seperti di F3 Plus, cukup tekan simbol grup saat membuka kamera depan, otomatis pengguna akan dialihkan ke tampilan sudut yang lebih lebar.


Selain memakai kamera sudut lebar, wefie di ponsel ini juga bisa diakali dengan memakai modus panorama yang dapat dipakai di kamera depan.


Geser kamera perlahan ke kanan dan kiri, usahakan objek tidak bergerak selama mengambil gambar.



Dalam kondisi minim cahaya, pengguna masih tetap dapat berfoto dengan bantuan lampu flash, namun tidak cukup membantu untuk mengurangi noise.


Kinerja dan desain

OPPO F3 sudah dilengkapi dengan fitur-fitur standard ponsel masa kini seperti aplikasi media sosial hingga pengolah data WPS Office.


Chipset MediaTek MT6750T ditunjang dengan RAM 4GB dan kapasitas penyimpanan internal 64GB membuat ponsel ini dapat bekerja dengan baik meskipun dijejali aplikasi tambahan.


Kapasitas penyimpanan yang cukup besar ini juga masih dapat diperluas dengan microSD hingga 128GB. Sebagai perbandingan, satu foto yang diambil dengan kamera belakang berukuran sekitar 3,5MB.


Layar 5,5 inci OPPO F3 ini juga cukup nyaman diakses dengan satu tangan, baik saat dioperasikan maupun digenggam saat menonton video.


OPPO menambahkan fitur pelindung mata, eye protection, yang disarankan digunakan saat mengakses ponsel dalam cahaya redup.


Layar akan berubah kekuningan sehingga lebih nyaman dipandang.


F3 juga dibekali dengan pemindai sidik jari, fingerprint scanner yang disematkan di home button.


Membuka kunci dengan sidik jari di ponsel ini cukup cepat, OPPO mengklaim ponsel terbuka dalam 0,02 detik.


Bagi yang terbiasa memencet home button untuk kembali ke tampilan awal atau mengaktifkan layar ketika dalam keadaan sleep mungkin agak canggung karena tombol tersebut tidak dapat ditekan.


OPPO F3 dijual seharga Rp 4,399 juta saat awal diluncurkan. 
Di kelas harga itu, Lenovo menawarkan P2 Turbo seharga Rp 4,499 juta, konsumen akan mendapatkan layar 5,5 inci, RAM 4GB + memori 64GB serta baterai 5.100mAh.


P2 Turbo berkamera depan 5MP dan belakang 13MP, memakai  chipset dari Qualcomm Snapdragon 625.


Xiaomi juga mneghadirkan Mi 5s di harga Rp 3,850 juta, dengan spesifikasi chipset Snapdragon 821,  baterai 3.200mAh, RAM 3GB + memori 64GB serta kamera 12MP dan 4MP.

Oleh Natisha Andarningtyas
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017