Untuk surat, benar ditemukan di rumah kontrakan Agus Wiguna. Sedang didalami penyidik."
Jakarta (ANTARA News) - Selembar kertas yang dibuat dengan tulisan tangan dan berisi pernyataan kesetiaan terhadap pemimpin ISIS Abu Bakar Al Baghdadi ditemukan di rumah kontrakan terduga teroris Agus Wiguna (AW) yang membuat bom panci di Jalan Buah Batu, Kota Bandung, Jawa Barat.

"Untuk surat, benar ditemukan di rumah kontrakan Agus Wiguna. Sedang didalami penyidik," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Kepolisian Negara Republik Indonesia (Karopenmas Polri) Brigadir Jenderal Pol Rikwanto di Jakarta, Minggu.

Selain berisi pernyataan kesetiaan, ia mengemukakan, surat tersebut juga menyatakan tekad pelaku untuk turut berjuang menegakkan Syariat Islam dan terus melatih kemampuan fisik sesuai seruan ISIS.

(Baca juga: Warga temukan surat baiat di kontrakan AW)

Berikut adalah petikan isi surat tersebut:

"Demi Alloh dan Rosululloh dan bangkitnya agama Alloh di Bumi Alloh. Saya sebagai hamba Alloh dan umat Rosululloh bertekad untuk ikut serta dalam tegaknya dinn Alloh yang kaffah sesuai sunah Rosululloh menumpas kedzaliman dan kesyirikan. Dengan ini saya bersikeras untuk selalu:

1. Bertakwa kepada Alloh dalam menjalankan tauhid ini baik dalam susah, senang, semangat, malas, lapang maupun sempit.

2. Saya berbaiat kepada Khilafah Daulah Islamiyah Abu Bakar Al Baghdadi untuk patuh dan taat kepada perintahnya baik dalam keadaan senang, sedih, susah, lapang ataupun sempit, tidak mungkin merebut kekuasaan darinya / pemiliknya.

3. Dalam waktu ini saya bertekad untuk selalu berlatih:

- menghafal dalil hadist dan Quran

- berlatih bela diri yang dikuasai

- olah raga jasmani dan rohani

- berusaha menjalankan sunah Rosululloh".

Ledakan bom panci terjadi di rumah kontrakan AW yang berlokasi di Kampung Kubang Beureum, RT 7/RW 11, Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Sabtu (8/7) pukul 15.30 WIB.

(Baca juga: Polisi temukan panci berisi paku di rumah kontrakan terduga pelaku)

Agus saat diperiksa polisi mengaku mempelajari cara merakit bom dari Internet, dan pada 1 Juni 2017 mulai merakit bom.

Ia pun berencana meledakkan sejumlah tempat di Bandung, diantaranya Cafe Bali di Jalan Braga, Rumah Makan Celengan di Astana Anyar dan Gereja Buah Batu.

(Baca juga: Bom panci akan diledakan di salah satu kafe)

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017