London (ANTARA News) - Marin Cilic mencapai semifinal Wimbledon pertamanya dengan kemenangan 3-6, 7-6 (8/6), 7-5, 5-7, 6-1 atas petenis Luksemburg Gilles Muller, Rabu (12/7).

Cilic tersingkir di babak perempat final dalam tiga penampilan terakhirnya di Wimbledon, tapi mantan juara AS Terbuka itu akhirnya berhasil mencapai babak empat besar setelah mengalahkan Muller, yang menyingkirkan Rafael Nadal di babak 16 besar.

Petenis peringkat enam dunia Cilic, dalam semifinal turnamen besar pertamanya sejak AS Terbuka 2015 akan menghadapi petenis Amerika Sam Querrey, yang mengalahkan juara bertahan Andy Murray.

Petenis Kroasia itu harus bermain dalam 11 pertandingan di Wimbledon untuk mencapai semifinal.

"Ini sangat berarti. Ini pencapaian luar biasa, tiga kali saya tertahan di perempat final," Cilic.

"Ini pertandingan yang sangat berat, servis Gilles luar biasa. Itu tinggal beberapa poin penentuan dalam pertandingan. Saya berusaha tetap tenang. Lega akhirnya bisa melakukannya," kata dia.

Cilic adalah petenis Kroasia ketiga yang lolos ke semifinal Wimbledon setelah Goran Ivanisevic dan Mario Ancic.

Cilic, yang berharap mencapai final utama keduanya, menang dalam empat pertemuannya dengan unggulan ke-24 Querrey, tiga di antaranya di Wimbledon pada 2009, 2012 dan 2015.

Pertandingan kedua mereka merupakan yang terpanjang dalam sejarah Wimbledon, berlangsung lima jam dan 31 menit, sesuatu yang tidak ingin lagi dialami Cilic ketika menghadapi Querrey pada Jumat.

"Semoga itu bukan yang terlama," katanya sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

"Sam bermain sangat baik, khususnya musim ini. Semoga saya bisa mendapaykan ritme dan memainkan tenis dengan baik." (mr)


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017