"Event ini gratis bagi pengunjung, kami juga menyediakan booth gratis untuk UKM dan warga sekitar untuk menjual produk makanan dan souvenir dalam event tersebut
Sleman (ANTARA News) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Kabupaten Sleman untuk kedua kali akan menyelenggarakan event "Merapi Night Festival" dan "Classic Otomotif" di Kompleks Museum Gunungapi Merapi, Banteng, Pakem, 22-23 Juli.

Kepala Seksi Objek Daerah Tujuan Wisata Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Wardoyo di Sleman, Selasa, mengatakan event tersebut merupakan suatu terobosan baru dari Dinas Pariwisata DIY bekerja dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman untuk memadukan "Merapi Night Festival" dengan "Classic Otomotif".

"Dua event antara otomotif dengan seni budaya kami rangkai menjadi satu gelaran event yang bertujuan membangun kekuatan event berskala nasional dalam suatu daerah," katanya.

Ia mengatakan, event tersebut diharapkan juga nantinya dapat menjadi ikon event di kawasan lereng Gunung Merapi.

"Penyelenggaraan kegiatan Merapi Night Festival akan diawali pada Sabtu pagi (22/7) dengan aktivitas kegiatan otomotif pameran mobil dan motor antik dari berbagai komunitas, fun game, dan seremoni pembukaan acara pada pukul 14.00 WIB," katanya.

Menurut dia, khusus untuk mobil antik yang diikuti sekitar 40 mobil akan dikonteskan dan memperebutkan piala Gubernur DIY.

"Pada pukul 19.00 WIB akan dilanjutkan konser musik yang didukung sound system berkekuatan 40.000 watt menampilkan kelompok musik jazz Mben Senen dan ditutup dengan penampilan Sawung Jabo dan musik barocknya," katanya.

Sekertaris Dinas Pariwisata Sleman Endah Sri Widiyastuti mengatakan, gelaran "Merapi Night Festival" selain sebagai ajang untuk menarik wisatawan dan juga sebagai ajang untuk pemberdayaan komunitas serta menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar.

"Event ini gratis bagi pengunjung, kami juga menyediakan booth gratis untuk UKM dan warga sekitar untuk menjual produk makanan dan souvenir dalam event tersebut," katanya.

Endah mengatakan bahwa jika di event tahun sebelumnya disajikan stand Kopi Merapi, pada gelaran "Merapi Night Festival" kedua nanti stand "Kopi Klothok" juga akan hadir memanjakan para penikmat kopi.

"Pada tahun sebelumnya pengunjung mencapai 2.000 orang, pada event ini ditargetkan pengunjung yang hadir bisa mencapai 4.000 hingga 5.000 orang," katanya.

Pewarta: Victorianus Sat
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017