Minggu, 24 September 2017

PNM salurkan Rp1,02 triliun berdayakan perempuan prasejahtera

| 2.211 Views
PNM salurkan Rp1,02 triliun berdayakan perempuan prasejahtera
Ilustrasi - Nasabah unit layanan modal mikro (ULaMM) PT Permodalan Nasional Madani (PNM), mengikuti Safari PKU Ramadan di Kembangbahu, Lamongan, Jawa Timur, Rabu (15/6). (ANTARA FOTO/Syaiful Arif)
Banyuwangi (ANTARA News) - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) telah menyalurkan Rp1,02 triliun untuk memberdayakan perempuan prasejahtera dalam program Mekaar di 927 kantor cabang yang tersebar di 20 propinsi.

"Ada 1.002.433 nasabah dalam program Mekaar yang menerima dana PNM sebesar Rp1,02 triliun. Target kami tahun ini ada sekitar 2 juta nasabah Mekaar," kata Direktur Perencanaan dan Pengembangan Usaha PT PNM Arief Mulyadi di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu.

Direktur Arief mengatakan hal itu saat melakukan kunjungan kerja ke Mekaar Kalipuro di Banyuwangi, Jawa Timur, bersama dengan wakil ketua Komisi VI DPR Azam Asman Natawijana, yang kebetulan mewakili Dapil Jatim.

Menurut Arief, program Mekaar adalah pembiayaan untuk perempuan prasejahtera dan aktif di bidang ekonomi. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kecil melalui pemberdayaan perempuan.

Program Mekaar ini merupakan pembiayaan pelaku usaha super mikro dengan pemberian modal kerja antara Rp2 hingga Rp5 juta tanpa ada jaminan.

Pembiayaan ini menggunakan metode tanggung renteng. Artinya, jika ada nasabah yang tidak membayar pengembalian pinjaman usaha maka semua anggota dalam kelompok itu yang harus menanggungnya, kata Arief.

Dalam setiap kelompok Mekaar terdiri 10-30 perempuan prasejahtera yang dibina untuk berusaha dengan jujur, disiplin, dan kerja keras yang dikontrol dalam pertemuan tiap minggu, kata Wahyu Agung, Regional Manager PNM di Banyuwangi.

Menurut Wahyu, jumlah nasabah Mekaar di Banyuwangi hingga 22 Juni 2017 sudah mencapai 6.421 perempuan berusaha dan telah disalurkan modal usaha sebesar Rp12,84 miliar.

Sementara hingga Mei 2017, jumlah nasabah Mekaar di Jawa Timur telah mencapai 148.859 perempuan berusaha dan telah disalurkan modal usaha sebesar Rp299,08 miliar.

Wakil Ketua Komisi VI Azam Asman Natawijana menyambut baik program Mekaar PNM, salah satu BUMN yang bergerak di bidang permodalan usaha rakyat .

"Program Mekaar PNM sangat membantu pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan perempuan prasejahtera melalui usaha guna meningkatkan pendapatan keluarga dan kesejahteraan keluarga, baik di perkotaan maupun pedesaan," kata Azam.

Editor: Unggul Tri Ratomo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga